Arus Balik 2024 Sudah Mulai, Intip Beberapa Kesalahan Pemudik yang Sering Dilakukan

Arus Balik 2024 Sudah Mulai, Intip Beberapa Kesalahan Pemudik yang Sering Dilakukan

Salah satu dari beberapa kesalahan pemudik ialah kecepatan yang melampaui batas.-(Ilustrasi Pinterest)--

Semangat ingin cepat sampai di kampung halaman sering kali mendorong para pemudik untuk memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat memperlambat waktu reaksi dan meningkatkan risiko kecelakaan fatal. 

Ingatlah, keselamatan diri sendiri dan orang lain jauh lebih berharga daripada menghemat waktu beberapa menit. Patuhi batas kecepatan yang berlaku dan utamakan keselamatan.

3. Memeriksa kendaraan

Sebelum memulai perjalanan mudik, penting untuk memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Pastikan semua komponen kendaraan dalam keadaan prima, seperti ban, rem, oli, lampu, dan air radiator. Hal ini untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan. 

BACA JUGA: Mengungkap Keunggulan Cakram Carbon Ceramic sebagai Inovasi Terkini dalam Sistem Rem Kendaraan

Hindari memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika terdapat kerusakan pada kendaraan. Lebih baik mencari bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan daripada memaksakan diri dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

4. Membawa barang berlebihan

Membawa barang berlebihan dapat membuat kendaraan menjadi kelebihan muatan. Beberapa kesalahan pemudik ini dapat mengganggu keseimbangan dan stabilitas kendaraan, meningkatkan risiko kecelakaan.

Bawalah barang secukupnya dan patuhi aturan batas muatan kendaraan. Prioritaskan barang-barang penting dan tinggalkan barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

5. Mengabaikan istirahat dan makan

Perjalanan mudik yang panjang membutuhkan energi yang cukup. Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk istirahat dan makan secara teratur. Hal ini untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan fokus selama perjalanan. Hindari mengemudi dalam keadaan lapar atau haus yang dapat mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA: Dear Pemudik, One Way Arus Balik di Tol Pejagan-Pemalang Diberlakukan Mulai Pukul 14.00 WIB

6. Tidak mengikuti arus lalu lintas

Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan ikuti arus lalu lintas yang diarahkan oleh petugas. Hindari melawan arus atau menerobos lampu merah karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Patuhi aturan demi kelancaran dan keselamatan bersama.

7. Mengabaikan keselamatan anak

Sumber: