Arus Balik 2024 Sudah Mulai, Intip Beberapa Kesalahan Pemudik yang Sering Dilakukan

Arus Balik 2024 Sudah Mulai, Intip Beberapa Kesalahan Pemudik yang Sering Dilakukan

Salah satu dari beberapa kesalahan pemudik ialah kecepatan yang melampaui batas.-(Ilustrasi Pinterest)--

RADAR TEGAL - Lebaran 2024 yang menjadi momen penuh kebahagiaan bersama keluarga di kampung halaman sudah berlalu. Sebelum kembali ke tempat perantauan, baiknya simak beberapa kesalahan pemudik yang sering dilakukan dan menjadi masalah dalam perjalanan.

Meski libur Lebaran masih berlangsung tetapi arus balik pemudik sudah mulai terlihat. Beberapa kesalahan pemudik kerap dilakukan dan menyebabkan masalah, salah satunya kecelakaan.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan pemudik sebelum mulai melakukan perjalanan, harapannya masalah saat berkendara bisa diantisipasi. Sehingga pemudik yang memadati jalanan dengan kendaraan bisa selamat sampai tujuan.

Lalu apa saja beberapa kesalahan pemudik yang kerap diabaikan? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: H+3 Lebaran, Arus Balik di Pantura Tegal Masih Landai, Didominasi Sepeda Motor

Saat arus mudik dan balik Lebaran, banyak cerita suka dan duka yang mewarnai momen tersebut. Salah satunya kecelakaan yang kerap terjadi di jalanan.

Hal itu biasanya disebabkan oleh beberapa kesalahan pemudik yang jarang diperhatikan. Di balik euforia mudik, terdapat potensi bahaya yang mengintai para pemudik.

Beberapa kesalahan pemudik yang sering dilakukan, baik dalam persiapan maupun saat perjalanan, dapat membahayakan diri sendiri, orang lain, dan kelancaran arus mudik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghindari beberapa kesalahan pemudik yang umum dapat mengganggu perjalanan mudik.

Berikut beberapa kesalahan pemudik yang harus diantisipasi dan tidak boleh diabaikan.

1. Mengemudi dalam keadaan mengantuk atau lelah

Perjalanan mudik yang panjang dapat menguras energi dan membuat kita mengantuk. Mengemudi dalam keadaan mengantuk merupakan salah satu beberapa kesalahan pemudik. 

BACA JUGA: Penting! Ini Bahaya Microsleep yang Disebut Jadi Penyebab Sopir Bus Rosalia Indah Alami Kecelakaan

Fokus dan refleks menurun drastis, meningkatkan risiko kecelakaan fatal. Pastikan istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Jika merasa lelah, cari tempat aman untuk beristirahat dan jangan paksakan diri untuk terus mengemudi.

2. Melampaui batas kecepatan

Sumber: