470 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Malam Takbiran dan Sholat Idulfitri di Tegal

470 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Malam Takbiran dan Sholat Idulfitri di Tegal

Personel pengamanan malam takbiran dan sholat Idulfitri di Tegal--

RADAR TEGAL - Ratusan personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan malam takbiran dan Sholat Idulfitri di Tegal. Hal itu terungkap saat digelarnya Apel pengamanan di halaman Mapolres pada Selasa 9 April 2024 sore.

Para personel gabungan yang diterjunkan untuk mengamankan malam takbiran dan sholat Idulfitri itu akan ditempatkan di sejumlah titik. Antara lain, penggal jalan yang rawan terjadinya kemacetan arus lalu lintas dan pusat keramaian.

Setidaknya ada 470 personel gabungan yang akan diterjunkan guna mengamankan malam takbiran dan sholat Idulfitri 1445 H. Mereka terdiri dari unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dishub serta potensi masyarakat.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas mengatakan, anggota yang terlibat akan melakukan pengamanan pada penggal-penggal jalan yang rawan terjadinya kemacetan arus lalu lintas. Mereka akan mengamankan malam takbiran dan sholat Idulfitri di Tegal besok pagi.

BACA JUGA: Jelang Pengamanan Arus Mudik di Tegal, Perlengkapan Personel Polisi Dicek

"Salah satunya di kawasan Alun-alun dan Taman Pancasila Kota Tegal, karena lokasi itu merupakan salah satu yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat. Kemudian besok paginya juga ada sekitar 12 titik yang menjadi lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri 1445 H," ungkap Kapolres.

Menurut Kapolres, selain untuk mengurai kemacetan mereka juga akan mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas. Seperti pencopetan, jambret, hipnotis dan curanmor serta tindak kejahatan lainnya.

Kapolres menambahkan perayaan Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang istimewa bagi umat muslim setelah sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Sehingga momen yang spesial itu harus disambut dengan memperbanyak rasa syukur. 

"Karenanya, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas. Seperti mainan petasan, takbir keliling dengan konvoi dan lain-lain," jelasnya.

BACA JUGA:  Antisipasi Aksi Copet Menjelang Lebaran, Pengamanan Pasar Pagi Kota Tegal Diperketat

Kapolres menegaskan dalam pengamanan malam takbiran, semua personel tetap akan mengedepankan sikap humanis. Karenanya, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, agar melakukan takbiran di masjid masing-masing saja. 

"Sehingga bisa terwujud Kota Tegal yang aman dan kondusif selama perayaan lebaran Idul Fitri 1445 H," pungkasnya.

Demikian informasi terkait pengamanan jalannya malam takbiran dan sholat Idulfitri di Tegal oleh petugas gabungan. (*)

Sumber: