Cara Merawat Smart TV agar Awet, Jangan Sepelekan Langkah-langkah ini

Cara Merawat Smart TV agar Awet, Jangan Sepelekan Langkah-langkah ini

Cara Merawat Smart TV agar Awet, Jangan Sepelekan Langkah-Langkah ini--

RADAR TEGAL- Smart TV telah menjadi pusat hiburan modern di banyak rumah yang menyediakan akses tak terbatas ke berbagai konten digital langsung di layar rumah Anda. Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, cara merawat smart TV perlu Anda ketahui.

Cara merawat smart TV agar awet bertujuan agar dapat memastikan smart TV Anda berfungsi dengan baik dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Karena perawatan yang baik membantu melindungi dan menjaga kualitas gambar dan suara yang dihasilkan oleh TV.

Cara merawat smart tv agar awet juga bisa menambah umur pakai dari smart tv itu sendiri loh. Selain itu dapat mencegah Anda dari biaya perbaikan yang tidak perlu atau bahkan dari kebutuhan untuk mengganti TV yang rusak.

Lantas bagaimana cara merawat smart TV yang benar agar awet? Pastikan bagi Anda pengguna smart TV untuk menyimak artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA: Beri Pengalaman Lebih Seru, Ini Review Smart TV Xiaomi A2 Terbaru Murah

Cara merawat smart TV supaya awet dan tak cepat rusak

1. Pilih Kabel yang Berkualitas Baik
 
Karena ini adalah smart TV, kemungkinan besar TV tersebut terhubung ke beberapa perangkat seperti sistem audio multi saluran, konsol game, dekoder atau pemutar media. Baik itu kabel HDMI, kabel audio optik atau kabel AV analog, pastikan kabel tersebut berkualitas tinggi.  

Jadi bagaimana cara memastikan kabel berkualitas baik? Periksa fitur-fitur ini:
 
•    Kabel tidak boleh kaku dan harus mudah ditekuk
•    Konektornya harus kuat dan terbuat dari logam
•    Kabel harus memiliki tanda sertifikasi yang jelas.
 
2. Jauhkan dari Tumpahan Air  
 
Menjauhkan cairan seperti air atau minuman ringan dari smart TV Anda akan mencegah korsleting dan kerusakan lain yang disebabkan oleh tumpahan cairan tersebut.

3. Jangan Simpan Smart TV di Bawah Sinar Matahari Langsung
 
Sinar matahari dapat merusak komponen internal di smart TV, jadi sebaiknya dijauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

BACA JUGA: Beri Pengalaman Lebih Seru, Ini Review Smart TV Xiaomi A2 Terbaru Murah

Supaya TV awet bertahun-tahun dan tidak mudah hal paling penting adalah membersihkannya secara rutin. Saat membersihkan layar TV pastikan mengikuti beberapa tahapan ini :
 
•    Bersihkan menggunakan kain microfiber yang bersih agar layar tidak tergores oleh debu dan kotoran  
•    Jangan gunakan bahan kimia kuat untuk membersihkan layar 
•    Jangan menyemprotkan air atau cairan kimia langsung ke layar TV. 
•    Gunakan kain lembab untuk membersihkan body TV lalu bersihkan kembali menggunakan kain microfiber kering.

5. Lindungi Remote Control Menggunakan Penutup

Gunakan penutup silikon untuk menutup remote kontrol hal ini memastikan agar saat remot terjatuh, tombol tidak mengalami kerusakan.

6. Mematikan Smart TV saat Tidak Ditonton

Mematikan smart TV saat tidak digunakan akan membantu menghemat listrik dan bisa membuat perangkat awet hingga bertahun-tahun.

BACA JUGA: Cuma 3 J utaan, Smart TV Toshiba 40E35NP Terbaru 2024 Ini Punya Banyak Keunggulan yang Unik
 
7. Gunakan Pelindung Lonjakan Arus
 
Perlindungan lonjakan akan melindungi TV Anda dari lonjakan listrik yang disebabkan oleh badai atau pemadaman listrik yang mendadak. Hal ini dapat membantu memperpanjang umur TV Anda dan melindunginya dari kerusakan.
 
8. Perbarui Perangkat Lunak secara Berkala
 
Kemudian cara merawat Smart TV pastikan Anda memperbarui perangkat lunak secara berkala. Pembaruan perangkat lunak dapat membantu menjaga Smart TV Anda berjalan dengan lancar dan aman.

Namun pastikan Anda memeriksa pembaruan perangkat lunak secara rutin dan menginstalnya jika perlu. Demikian artikel cara merawat smart TV agar awet. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: