1.088 Warga Jateng Mudik Gratis Naik Kereta Api, Pj Gubernur Lepas Langsung di Stasiun Pasar Senen

1.088 Warga Jateng Mudik Gratis Naik Kereta Api, Pj Gubernur Lepas Langsung di Stasiun Pasar Senen

LEPAS PEMUDIK- Menggunakan Kereta Api Jaka Tingkir, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berkesempatan melepas langsung warganya yang mudik gratis naik kereta api di stasiun tersebut. -Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 1.088 warga Jawa Tengah (Jateng) mudik gratis naik kereta api, Minggu, 7 April 2024. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberangkatkan warganya mudik gratis menggunakan kereta api dari Stasiun Pasar Senen Jakarta.  

Menggunakan Kereta Api Jaka Tingkir, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berkesempatan melepas langsung warganya yang mudik gratis naik kereta api di stasiun tersebut. 

Nana menandaskan, program mudik gratis naik kereta api ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan pelayanan transportasi untuk pemudik, khususnya untuk pekerja di sektor informal. Harapannya, mereka dapat mudik dengan rasa aman, nyaman dan tertib.

Usai melepas pemudik yang mengikuti program mudik gratis naik kereta api, Nana mengakui jika selama ini memang banyak masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor.  

BACA JUGA: Pj. Walkota Sapa Pemudik Kota Tegal Peserta Mudik Gratis 2024

"Inilah yang kita ambil, jangan sampai kemudian masyarakat menggunakan sepeda motor,” kata Nana di Jakarta.

Sebelum keberangkatan, Nana menyapa para penumpang dan menanyakan layanan mudik gratis naik kereta api yang diberikan Pemprov Jateng.

Dia mengakui jika salah satu tujuan program mudik gratis naik kereta api adalah mengurangi masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor. Sehingga, menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Dalam mudik gratis naik kereta api ini, Pemprov Jateng menggunakan dua kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Dua kereta itu yakni Kereta Api Jaka Tingkir dan Menoreh.

BACA JUGA: 11.600 Orang Warga Ikut Mudik Gratis Jawa Tengah, Pj Gubernur: Jumlahnya Terus Kita Tingkatkan

Masing-masing kereta tersebut membawa delapan gerbong penumpang. Kereta Api Jaka Tingkir berangkat pukul 12.00 WIB dengan membawa 512 penumpang. Sedangkan Kereta Api Menoreh berangkat pukul 16.50 WIB dengan membawa 576 penumpang.

"Jumlah keseluruhan untuk pemudik gratis menggunakan kereta api dari (stasiun) Senen kurang lebih 1.088 pemudik,” tuturnya.

Pertama kali ikut program mudik gratis

Salah seorang warga Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Atun mengaku, terbantu dengan adanya program mudik gratis dari Pemprov Jateng. Ini merupakan kali pertama ia mengikuti program tersebut. 

Sumber: