Selisih 5 Juta, Ini Perbandingan Yamaha Filanno Vs Yamaha Fazzio 2024, Mana Lebih Tangguh?

Selisih 5 Juta, Ini Perbandingan Yamaha Filanno Vs Yamaha Fazzio 2024, Mana Lebih Tangguh?

Selisih 5 Juta, Ini Perbandingan Performa Mesin Yamaha Filanno Vs Yamaha Fazzio 2024, Mana Lebih Tangguh?--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Berada di segmen yang sama dengan perbedaan harga sekitar 5 jutaan, performa Yamaha Filanno vs Yamaha Fazzio akan menjadi pembahasan yang menarik. Adapun kedua skutik memiliki desain bodi yang sama.

Kendati demikian baik Yamaha Filanno maupun Yamaha Fazzio 2024 keduanya memiliki performa mesin yang berbeda. Namun tipe injeksi dari kedua skutik memiliki jenis yang sama yakni Fuel Injection.

Silinder yang digunakan Yamaha Filanno dan Yamaha Fazzio 2024 juga sama yakni mengadopsi satu silinder, dengan konfigurasi katup yang juga sama yakni SOHC. Kerana ada kesamaan detil mesin kedua skutik ini pula, banyak yang membandingkan performanya.

Nah, pada pembahasan artikel ini kita akan mencoba membandingkan performa mesin yang dimiliki oleh kedua skutik, Yamaha Filanno vs Yamaha Fazzio 2024. Untuk tipe yang akan dibandingkan menggunakan tipe Neo.

BACA JUGA: Di Balik Gayanya yang Memukau, Ini yang Harus Anda Ketahui dari Yamaha Grand Filano 2024

Komparasi performa mesin Filanno vs Fazzio

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa kedua skutik memiliki mesin yang berkapasitas sama yakni 124.86 cc, SOHC, 4-langkah, pendingin udara. Mesin ini juga merupakan jenis mesin yang umum digunakan pada skutik kelas entry-level.

Kendati dua-duanya dibekali mesin yang sama, masalah tenaga jelas dari kedua skutik outputnya berbeda. Fazzio memiliki tenaga maksimal yang sedikit lebih besaryakni 8.3 hp dibanding Filanno yang hanya sebesar 8.1 hp.

Perbedaan tenaga tersebut juga dibuktikan dari peraihan tenaga pada rpm yang berbeda. Yamaha Filanno berhasil mencapai puncak tenaga di 4500 rpm. Sedangkan Yamaha Fazzio 2024 mendapatkan puncak tenaga di 6500 rpm.

Adapun penggunaan sistem pendingin baik Yamaha Fillano maupun Yamaha Fazzio 2024, sama-sama menggunakan sistem pendingin udara. Alasannya karena sistem pendinginan udara umum digunakan pada mesin skutik entry-level karena lebih sederhana dan murah.

BACA JUGA: Motor Yamaha Terbaru 2024, Yakin Bisa Melawan Kompetitor? Ini Jawabannya

Dari keseluruhan komparasi performa mesin Yamaha Filanno dan Yamaha Fazzio dapat ditarik kesimpulan bahwa performa milik Fazzio lebih unggul dari saudaranya. Hal ini dibuktikan dari torsi Fazzio yang lebih besar walau perbedaannya sangat tipis.

Meski demikian, komparasi performa mesin ini tidak bisa dijadikan sebagai patokan bagus atau tidaknya motor. Ada beberapa faktor lain yang bisa dipertimbangkan kembali seperti dimensi, fitur, hingga harga.

Tips membeli skuter matic yang tepat

Sumber: