Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Calya Matic VS Manual, Mana yang Lebih Irit untuk Mudik?

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Calya Matic VS Manual, Mana yang Lebih Irit untuk Mudik?

Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Calya Matic VS Manual, Mana yang Lebih Irit Untuk Mudik?--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Toyota Calya selalu saja menjadi varian SUV murah dengan harga di bawah Rp200 juta yang juga menjadi pesaing berat sang saudara yakni Avanza. Mobil ini juga hadir dengan pilihan transmisi yang berbeda yakni manual dan matic.

Dengan pilihan dua transmisi ini, memberikan calon konsumen yang ingin membeli Toyota Calya kebebasan untuk menentukan varian mana yang cocok dengan gaya mengemudinya. Menariknya, pilihan transmisi ini jugalah, yang membuat banyak orang tertarik dengan mobil SUV ini.

Apabila tertarik dengan gaya mengemudi yang bertenaga dan berperforma andal, maka pilihan Toyota Calya manual akan lebih cocok. Sebaliknya, pilihan matic akan lebih cocok ke calon konsumen dengan gaya mengemudi kalem dan hemat BBM tentunya.

Nah pada artikel ini akan dijelaskan lebih detail mengenai perbandingan konsumsi BBM Toyota Calya transmisi matic dan manual. Hal ini untuk melihat varian transmisi manakah yang memiliki konsumsi BBM paling irit.

BACA JUGA: Spek Toyota Hilux Mobil Pick Up Double Cabin Cocok Buat Mobil Mudik Lebaran, Tangguh di Perjalanan

Perbandingan varian matic dan manual Calya, mana yang lebih irit?

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa Calya yang akan dibahas ini, hadir dengan menggunakan transmisi matic (A/T) dan manual (M/T). Kedua mobil telah  diuji dalam hal konsumsi BBM untuk mengetahui mana yang lebih irit.

Berdasarkan hasil pengujian penggunaan didalam kota, performa Toyota Calya kedua varian transmisi menunjukan performa yang bagus. Konsumsi BBM-nya mencapai 13,9 km/liter, menandakan bahwa kedua transmisi memiliki efisiensi yang sama dalam konsisi lalu lintas padat.

Untuk pengujian diluar kota, akhirnya menunjukan perpedaan konsumsi bahan bakar yang sangat signifikan. Toyota Calya transmisi matic lebih unggul dengan konsumsi BBM mencapai 19,2 km/liter.

Sedangkan varian manual Calya mengkonsumsi BBM sebanyak 17,4 km/liter. Hal ini menunjukkan transmisi matik lebih baik untuk digunakan di jalan tol atau dipakai untuk perjalanan luar kota dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA: Mobil Toyota Rush 2024, Rajanya Pasar SUV Pilihan Tepat untuk Mudik Lebaran

Lebih menariknya pada pengujian dua varian transmisi Toyota Calya pada kecepatan konstan dimana transmisi manual sedikit lebih irit dengan 28,4 km/liter sedangkan yang matic 25,8 km/liter.

Namun, pada kecepatan pada 100 km/jam, Calya transmisi matic berbalik unggul dengan 20,7 km/liter, sedangkan Calya manual 19,2 km/liter. Hal ini menunjukkan transmisi matik juga lebih efisien di kecepatan tinggi.

Apabila ditarik kesimpulan, Toyota Calya varian transmisi matic lebih unggul dalam beberapa konsisi yaitu luar kota dan kecepatan konstan. Kondisi luar kota sangat cocok untuk dipakai menempuh perjalanan jauh seperti mudik, sedangkan kecepatan konstan sangat reliable untuk perjalanan di jalan tol.

Sumber: