Bank Mandiri Siapkan Rp 31,3 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran, di Eks Karesidenan Pekalongan Rp 899,5M

Bank Mandiri Siapkan Rp 31,3 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran, di Eks Karesidenan Pekalongan Rp 899,5M

Kantor Bank Mandiri di Tegal--

RADAR TEGAL - Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 Triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 18 Maret – 16 April 2024 saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H. Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5% dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya. 

Adapun untuk wilayah yang meliputi Kota Tegal, Pekalongan, Kabupaten Tegal, Pekalongan, Brebes, Pemalang dan Batang, kebutuhan uang tunai sebesar Rp 899,5 Milyar.

Area Head Bank Mandiri Tegal, Muhammad Fajar menyampaikan langkah ini sebagai bentuk peranan Bank Mandiri dalam membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Terutama pada masa pembayaran bansos, gaji dan THR ASN, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, Bank Mandiri juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, Bersama, Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia," ujarnya. 

BACA JUGA: Pinjaman KUR Bank Mandiri 2024 Semakin Besar, Pelaku UMKM Semringah Bisa Kredit Hingga 500 Juta

Adapun untuk melayani kebutuhan masyarakat di wilayah karesidenan Pekalongan, pihaknya telah menyiapkan 123 mesin ATM/CRM dan 1.593 EDC yang dipastikan siap melayani sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran. Khususnya di lokasi strategis seperti rest area, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan/oleh-oleh, restaurant, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Selain mesin ATM, kata Fajar, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran non tunai untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat. Antara lain dengan mesin Agen Mandiri, EDC, QRIS, aplikasi Livin’ by Mandiri, Kopra maupun Livin Merchant.

Layanan Cabang Bank Mandiri

Bank Mandiri siap memberikan layanan melalui 26 Kantor Cabang yang tersebar di Kota dan Kabupaten Tegal, Kota dan Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Brebes, Pemalang dan Batang. Adapun layanan cabang masih beroperasi sampai tanggal 5 April 2024 dan akan tutup layanan selama libur lebaran tanggal 8 – 15 April 2024. 

Selanjutnya Kantor Cabang akan kembali aktif beroperasi di tanggal 16 April 2024. Selama Kantor Cabang tutup, terdapat Customer Service Machine (CSM) yang tersebar di seluruh wilayah Jateng dan DIY yakni sebanyak 28 unit (termasuk 2 di Kota Tegal) yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk Transaksi Non Financial. Seperti buka rekening, ambil kartu debit, buka blokir kartu dan ganti kartu debit. 

BACA JUGA: Program KUR Bank Mandiri Berikan Pinjaman Hingga 200 Juta Rupiah, Berikut Tabel dan Cara Pengajuannya

"Nasabah dapat langsung melakukan buka blokir kartu secara mandiri bahkan ganti kartu baru lewat CSM dan memilih kartu sesuai kebutuhan nasabah. Dengan membawa kartu lama dan atau KTP dengan memilih menu Ganti Kartu Debit pada mesin CSM," terang Fajar.

Selain itu, bagi nasabah yang ingin memiliki rekening baru bisa menggunakan pilihan 'Buka Rekening' di mesin CSM dengan membawa KTP. Bagi nasabah yang sudah melakukan pembuatan rekening secara online dapat menerbitkan kartu debitnya melalui Customer Service Machine (CSM) dengan memilih menu Ambil Kartu Debit. 

Layanan CSM tersedia dan aktif selama 24 jam. Untuk Transaksi Financial, Nasabah dapat memanfaatkan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, pembayaran dengan QRIS serta 2 fitur terbaru yaitu tap to pay dan penarikan uang tanpa kartu di mesin ATM. 

Sumber: