5 Rekomendasi Menarik Kuliner Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera dan Banyak Pencintanya

5 Rekomendasi Menarik Kuliner Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera dan Banyak Pencintanya

Kuliner Makanan Khas Tegal --

RADAR TEGAL-Tegal, sebuah kabupaten dan kota yang indah terletak di Jawa Tengah, memiliki warisan kuliner makanan khas Tegal yang populer pastinya akan membuat ketagihan.

Perpaduan rasa yang beragam, mulai dari gurih hingga manis, serta penggunaan bahan-bahan lokal makanan khas Tegal ini mencirikan cita rasa tersendiri kuliner Tegal.

Untuk mengenai makanan khas Tegal ini mudah sekali kita dapatkan karena  kuliner ini sudah sangat banyak pedagang di sepanjang jalan daerah Tegal.

Untuk kali ini, kita akan menjelajahi perjalanan kuliner makanan khas Tegal melalui rasa dan hidangan tradisional yang menandai identitas kuliner Tegal.Berikut infomasi informasi lengkapnya.

BACA JUGA:5 Kuliner Jajanan Kering Khas Tegal, Rasakan Kelezatan Kue Tradisional empo Doeloe yang Masih Tersisa

Daftar Kuliner Khas Tegal

1.Sega Lengko

Pertama,Untuk di daerah Tegal, kuliner terkanal yakni Sega Lengko menjadi primadona sebagai makanan yang nyaman untuk dinikmati kapan pun.

Terdiri dari nasi disajikan dengan berbagai macam lauk seperti tahu, tempe, kol, tauge, dan saus kacang, hidangan ini mencerminkan sederhana dan kelezatan dalam setiap suapannya.

Awalnya sebuah hidangan tradisional dari Cirebon, Sega Lengko telah menemukan tempatnya di hati dan perut warga Tegal, menjadi hidangan khas dari wilayah kuliner Tegal.

2.Glotak

Salah satu hidangan makanan khas Tegal yang kurang dikenal namun menarik adalah Glotak. Hidangan ini, berasal dari tempe atau kembang kedelai yang difermentasi, menggunakan tempe ampas tahu sebagai bahan utamanya, ditumis bersama dengan kaldu yang kaya rasa yang terbuat dari tulang ayam atau sapi.

BACA JUGA: 6 Makanan Favorit Lebaran Idul Fitri yang Tak Boleh Terlewatkan, Tamu Pasti Lahap Menyantap

Untuk penggunaan nama "Glotak" berasal dari suara ritmis yang dihasilkan saat mengaduk hidangan, menciptakan simfoni harmonis rasa.

Dengan Kombinasi unik tempe dan kaldu aromatik menghasilkan cita rasa yang khas dan legendaris, memberikan gambaran tentang kreativitas kuliner Tegal.

3.Kupat Glabed

Sebagai hidangan makanan khas Tegal, Kupat Glabed memikat lidah dengan perpaduan harmonis tekstur dan rasa. Terdiri dari ketupat dan kuah glabed kental berwarna kuning, hidangan ini mencerminkan kata "glabed," yang menunjukkan konsistensi padatnya.

Dengan Kuah kaya rasa, mirip dengan saus opor ayam, melengkapi ketupat lembut, potongan tempe, sayuran kuning, pasta cabai merah, dan kerupuk mie renyah.

Kuliner Kupat Glabed ini tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga memperlihatkan kepiawaian kuliner Tegal.

4.Rujak Teplak

Kuliner makanan khas Tegal selanjutnya Rujak, yang digemari, memiliki sentuhan unik di Tegal dengan hadirnya Rujak Teplak.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Tempat Kuliner Kota Tegal Terkenal, Makanan Tradisonal yang Hits sampai Sekarang

Hidangan menyegarkan ini mengombinasikan berbagai macam buah dan sayuran, termasuk kangkung, kol, daun singkong, timun, bunga pisang, pare, dan kacang panjang, disiram dengan saus kacang yang pedas dan asam.

Dengan ragamkombinasi dari mulai rasa manis, asam, gurih, dan pedas menciptakan simfoni rasa yang menyegarkan dan memuaskan, memperlihatkan ketertarikan Tegal terhadap kreasi kuliner yang inovatif.

5.Kupat Bongkok

Kuliner menarik lainnya dari Tegal adalah Kupat Bongkok, yang ditandai dengan kuah tempe pedas dan ketupat lembutnya.

Berbeda dengan hidangan serupa, Kupat Bongkok memiliki kuah kari yang unik dengan tambahan tempe yang difermentasi (tempe semangit) dan kerupuk mie pedas, memberikan rasa pedas yang menyengat.

Adanya kombinasi rasa dan rempah dalam hidangan ini menciptakan simfoni kuliner yang memikat indera, menjadikannya wajib dicoba bagi para penggemar kuliner yang berani.

BACA JUGA: Ragam Kuliner Khas Tegal yang Masih Lestari, Opsi Tambahan untuk Pelengkap Libur Lebaran

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, lanskap kuliner Tegal adalah bukti dari warisan budaya dan keberagaman kuliner wilayah tersebut.

Dari perpaduan merdu Glotak hingga hangatnya  Rujak Teplak, setiap hidangan menawarkan pandangan unik tentang tradisi dan rasa kuliner Tegal.

Dengan menjelajahi kenikmatan kuliner Tegal menjanjikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan, dipenuhi dengan rasa, tradisi, dan otentisitas.

Demikian informasi tentang kuliner makanan khas Tegal yang populerakan kelezatannya. Semoga Bermanfaat. (*)

 

Sumber: