Astra Motor Jateng Berbagi Tips Cari Aman Berkendara Saat Lebaran

Astra Motor Jateng Berbagi Tips Cari Aman Berkendara Saat Lebaran

--

RADAR TEGAL – Pada momen Idul Fitri, volume kendaraan di jalan pasti akan meningkat dan berpotensi kemacetan yang mengakibatkan perlambatan waktu tempuh selama perjalanan. Melihat potensi tersebut, tim safety riding Astra Motor Jateng memberikan tips tetap aman berkendara selama berlebaran di kampung halaman.

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Oke Desiyanto menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk selama lebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga tercinta. Hal tersebut sebagai antisaipasi mengingat kondisi jalan yang ramai dan padat meningkatkan risiko kecelakaan.

“Sesaat setelah pelaksaan sholat Idul Fitri, perlahan volime kendaraan akan meningkat karena masyarakat akan bepergian untuk silaturahmi. Berikutnya pada sore dan malam hari juga akan meningkat karena mereka pulang ke rumah masing-masing,” ungkap Oke.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi badan karena aktifitas silaturahmi sangat menguras energi karena mobilitas yang tinggi.

BACA JUGA: Astra Motor Jateng Ajak Ngabuburide Seru Naik Honda Stylo 160

Oke menambahkan, kemungkinan terjadi pengalihan rute, permberlakuan sistem satu arah dan padatnya area parkir atau mendadak penambahan kantong parkir dibeberapa tempat keramaian.

Setelah bersilaturahmi, masyarakat juga mengisi liburan hari raya dengan bertamasya bersama sanak saudara.

“Liburan Hari Raya volume kendaraan kembali meningkat dampak dari masyarakat yang memanfaatkan untuk berekreasi bersama keluarga dan sanak saudara,” tutur Oke.

Berikut tips dan trik berkendara saat mengisi liburan hari raya Idul Fitri:

BACA JUGA: Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Beberkan Tips Cari Aman Gunakan Jaket saat Kemarau

  1. Perencanaan perjalanan untuk memastikan mengetahui rute perjalanan dan perkiraan waktu tempuh. Beberapa rute alternatif bisa menjadi Solusi untuk menghindari kepadatan volume kendaraan
  2. Hindari jam - jam sibuk dan bepergian pada jam - jam puncak kemacetan. Manfaatkan informasi terbaru terkait kondisi jalan melalui media massa atau aplikasi navigasi.
  3. Berkendara dengan tertib, patuhi peraturan dan rambu lalu lintas dan selalu waspada. Utamakan keselamatan lebih utama daripada terburu – buru.
  4. Selalu jaga jarak, hindari menguntit kendaraan dengan jarak dekat, berikan sinyal jelas sebelum berbelok atau berpindah jalur, sopan dan bersabar terhadap pengemudi lain
  5. Sebagai pengendara harus selalu mempersiapkan kondisi mental, emosi, fisik dan stamina. Terutama atur energi dan tenaga karena masih ada perjalanan pulang setelah bersilahturahmi atau rekreasi.
  6. Pastikan bahan bakar dan bekal untuk diperjalananan cukup, istirahat ditempat yang aman dan nyaman
  7. Hindari penggunaan handphone untuk menjaga fokus dan konsentrasi.

“Halalbihalal pasti seru, menyenangkan dan banyak cerita, namun membawa keluarga selamat sampe ke rumah adalah tujuan utamanya, Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Minal 'Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” pungkas Oke. (*)

 

Sumber: