85 Bus AKAP Siap Jadi Armada Angkutan Lebaran di Kabupaten Tegal

85 Bus AKAP Siap Jadi Armada Angkutan Lebaran di Kabupaten Tegal

SERIUS - Gelar pembahasan kesiapan armada angkutan lebaran bidang angkutan dan terminal Dinas Perhubungan--

RADAR TEGAL - Menjelang arus mudik lebaran 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal menggelar pembahasan kesiapan armada angkutan lebaran. Serta kesiapan terminal dalam menghadapi masa lebaran 2024.

Kepala Dinas Perhubungan, Muhammad Budi Eko Setiawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal, Agil Suprayogi menyatakan pembahasan dilakukan bersama seluruh armada bus yang selama ini beroperasi di terminal Dukuhsalam tersebut. Hasilnya, dari pihak PO Bus di Kabupaten Tegal telah menyiapkan 85 armada angkutan lebaran bus AKAP. 

"Untuk terminal Dukuhsalam 50 armada, terminal Adiwerna 20 armada, dan terminal Yomani 15 armada. Jadi total ada 85 armada angkutan lebaran Bus AKAP yang siap beroperasi di Kabupaten Tegal," ujarnya Sabtu 30 Maret 2024.

Selain itu, DPC Organda Kabupaten Tegal juga telag menyiapkan 193 Bus AKDP dan 528 Angkutan Pedesaan. Guna mendukung kelancaran transportasi umum saat arus mudik dan balik lebaran Tahun 2024. 

BACA JUGA: 9 Bus Angkutan Lebaran 2023 di Kabupaten Tegal Tidak Laik Jalan

"Armada yang digunakan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, tertib administrasi. Serta dipastikan pengemudi dalam keadaan sehat dan istirahat yang cukup," cetusnya.

Menurut Eko, kenaikan tarif masa Lebaran 2024 untuk bus kelas non ekonomi saat ini diatur Perusahaan PO itu sendiri. Berdasarkan hasil rapat akan ada penyesuaian Tarif Tusla pada periode mudik dan balik lebaran 

"Khususnya Bus AKAP naik sebesar 90 -110 persen dari tarif normal tergantung jenis layanan busnya. Tarif akan kembali normal sampai dengan jumlah penumpang dalam arus mudik normal atau menunggu surat dari Perusahaan atau PO," ungkapnya. 

Eko menanbahkan, aaat ini Terminal Dukuhsalam, Adiwerna dan Yomani telah dijaga Petugas selama 24 jam. Secara umum Terminal sudah siap siaga untuk menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2024, meskipun ada beberapa kendala diantara nya kondisi sarana prasarana di Terminal. 

BACA JUGA: Jelang Arus Mudik 2024, Dishub Brebes Cek Armada Bus dan Ini Hasilnya

Demikian informasi terkait jumlah Bus AKAP yang akan menjadi armada angkutan lebaran di Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: