Jelang Arus Mudik 2024, Dishub Brebes Cek Armada Bus dan Ini Hasilnya

Jelang Arus Mudik 2024, Dishub Brebes Cek Armada Bus dan Ini Hasilnya

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Budi Dawmawan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Reza Prisman saat menempelkan stiker Dishub ke salah satu armada usai kegiatan ramp check.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Jelang menghadapi arus mudik 2024, Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengecekan armada bus disejumlah terminal. Salah satunya di Terminal Tanjung, Kecamatan Tanjung, Selasa 26 Maret 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes Budi Darmawan melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Reza Prisman dan Subkor Pengujian Sarana Taufik Hidayatno mengatakan,kegiatan tersebut dilakukan untuk melakukan pengecekan ramp check uji petik pra pelaksanaan Angkutan Lebaran jelang arus mudik 2024.

"Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi kepada pengusaha angkutan umum, agar mempersiapkan kendaraan angkutan penumpangnya sesuai dengan ketentuan teknis laik jalan dan ketentuan administratif," ujarnya di sela pengecekan armada jelang persiapan arus mudik 2024.

Dia menjelaskan, kegiatan ramp check jelang arus mudik 2024 kali ini dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda. Yaitu di Terminal Tanjung dan di Pool Bus PO. Sinar Jaya Klampok. Di mana, pada kesempatan ini dilaksanakan pemeriksaan secara teknis.

BACA JUGA: Jalan Jalingkut Tegal Mulai Rusak, Perbaikan Dikebut Jelang Arus Mudik

"Selama kegiatan kami melakukan pengecekan secara teknis. Seperti fungsi elektrikal, kondisi fisik visual, pemeriksaan dokumen uji berkala dan trayek kendaraan," jelasnya.

Untuk selanjutnya, kata dia, ramp check akan kembali dilaksanakan pada periode angkutan Lebaran baik pada masa arus mudik 2024 maupun arus balik. Selain melaksanakan kegiatan ramp check, Dishub Kabupaten Brebes juga masih melaksanakan kegiatan pemasangan rambu petunjuk arah pada 10 ruas jalan alternatif.

"Pemasangan rambu peringatan pada sekurang-kurangnya 10 perlintasan kereta api tanpa palang pintu dan beberapa ruas jalan rusak. Serta beberapa rangkaian kegiatan lain tentunya akan kami laksanakan untuk mendukung terlaksananya angkutan Lebaran tahun 2024," pungkasnya.

Demikian informasi terkait persiapan arus mudik 2024. Nantikan informasi selanjutnya terkait persiapan mudik dan balik Lebaran di situs ini. (*)

Sumber: