6 Jenis Pinjaman Bank Selain KUR untuk Usaha, Banyak Banget Manfaat dan Keunggulannya

6 Jenis Pinjaman Bank Selain KUR untuk Usaha, Banyak Banget Manfaat dan Keunggulannya

6 jenis pinjaman usaha dari bank selain KUR-freepik-

Biasanya untuk jenis pinjaman kredit modal kerja ini memiliki jangka waktu yang pendek. Namun, bisa diperpanjang oleh konsumen sesuai kebutuhan.

2. Pinjaman investasi

Kategori kredit bank selain KUR selanjutnya yaitu pinjaman investasi. Sesuai namanya, tujuan pinjaman ini untuk mendanai sejumlah proyek yang memang butuh modal besar.

Contohnya untuk perluasan usaha, membeli banyak peralatan baru, sampai pengembangan suatu produk baru. Jangka waktunya biasanya lebih panjang dan bunganya masih tergolong rendah.

3. Pinjaman bisnis mikro

Jenis pinjaman bank selain KUR selanjutnya yaitu bisnis mikro yang diperuntukan bagi pelaku usaha kecil. Khususnya bagi mereka yang baru ingin memulai usaha.

BACA JUGA: Apa Itu KUR Syariah Pegadaian? Ini Penjelasan dan Persyaratan Pengajuannya yang Wajib Diperhatikan

Untuk persyaratannya juga lebih mudah dibanding jenis pinjaman sebelumnya. Namun, tenornya kemungkinan lebih pendek.

4. Overdraft

Pinjaman usaha dari bank selain KUR lainnya yaitu overdraft, yang merupakan fasilitas kredit untuk pemilik usaha yang memungkinkan mereka untuk menarik uang lebih dari jumlah saldo yang ada di rekening.

Tujuannya agar bisnis konsumen tersebut bisa meminimalisir kekurangan kas sementara maupun membayar tagihan yang mendesak. Namun, tentu ada syarat ketentuan yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan jenis pinjaman ini.

5. Kredit garansi

Jenis pinjaman bank selain KUR selanjutnya yaitu kredit garansi. Manfaatnya yaitu memungkinkan pelaku usaha mendapatkan garansi bank, demi memenuhi syarat kontrak maupun pembayaran ke supplier ataupun klien.

BACA JUGA: Cara untuk Menghapus Nama dari Blacklist di Bank, Tips Mengajukan KUR agar Disetujui

Istilah lebih mudahnya, bank akan memberikan jaminan bahwa mereka akan membayar jika bisnis konsumen tidak bisa memenuhi kewajibannya. Untuk jenis ini, Anda bisa cari tahu lebih lanjut apakah bank Anda menyediakan layanan ini atau tidak.

Sumber: