Fakta Unik Mitos Babi Ngepet, Benarkah Ada? Dipercaya Efektif sebagai Penghasil Uang

Fakta Unik Mitos Babi Ngepet, Benarkah Ada? Dipercaya Efektif sebagai Penghasil Uang

Ilustrasi dari mitos Babi Ngepet yang sering mencuri uang dari rumah sebagian warga.--

RADAR TEGAL - Mitos babi ngepet, makhluk siluman babi yang mencuri uang, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia. Cerita tentangnya telah melegenda, membangkitkan rasa penasaran dan ketakutan di kalangan masyarakat. 

Ritual yang menjadi ciri khas Indonesia, mitos babi ngepet menjadi cerita yang diyakini masyarakat Tanah Air akan kehadirannya. Bagaimana tidak? pasalnya tahun-tahun lalu banyak media yang memberitakan hal ini.

Mulai dari penangkapan sosok babinya, terbongkarnya praktek ritualnya dan lain-lain. Sehingga menjadi tak heran apabila warga meyakini keberadaan akan mitos babi ngepet ini.

Namun, benarkah mitos babi ngepet itu nyata? Itu yang akan kita bahas kali ini dalam artikel ini. Simak pembahasannya sampai akhir dan simpan uang Anda.

BACA JUGA: Mitos 3 Goa di Indonesia yang Terkenal Angker, Konon Penunggunya Suka Menampakkan Wujudnya Pada Pengunjung

Karakteristik babi ngepet

Menurut cerita rakyat yang berkembang, mitos babi ngepet digambarkan sebagai babi hutan berukuran besar dengan mata merah menyala yang mampu menembus kegelapan malam. Konon, babi ini bukanlah babi biasa, melainkan jelmaan manusia yang ingin mendapatkan kekayaan instan melalui praktik pesugihan terlarang. 

Mereka rela menggadaikan jiwanya dan bertransformasi menjadi makhluk buas demi memuaskan hasrat duniawi.

Modus operandi

Mitos babi ngepet sering dikaitkan dengan hilangnya uang secara misterius di suatu rumah. Konon, babi ngepet akan beraksi di malam hari, menyelinap di antara pekatnya bayangan, dan menggesekkan tubuhnya ke dinding rumah yang menjadi target.

Gesekan ini diyakini memiliki kekuatan magis untuk menarik uang keluar dari rumah dan masuk ke dalam perut babi ngepet.

BACA JUGA: Benarkah Banjir Demak karena Keberadaan 2 Ular Raksasa? Berikut 6 Mitos Terkenal Makam Sunan Kalijaga

Upaya penangkapan yang biasa dilakukan

Ketika seseorang dicurigai sebagai babi ngepet, masyarakat often melakukan ritual penangkapan yang penuh dengan ketegangan dan drama. Ritual ini biasanya melibatkan penguncian seluruh pintu dan jendela rumah, penaburan garam di sekitar rumah, dan penguburan benda-benda tertentu yang diyakini dapat menjebak babi ngepet.

Sumber: