Baru Dilantik oleh Pj Gubernur Jateng, Pj Walikota Tegal Sudah Diminta Lakukan Hal Ini

Baru Dilantik oleh Pj Gubernur Jateng, Pj Walikota Tegal Sudah Diminta Lakukan Hal Ini

PELANTIKAN- Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik Pj Walikota Tegal Dadang Somantri, Senin 25 Maret 2024 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Baru dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana sebagai Pj Walikota Tegal, Dadang Somantri langsung diminta menangani inflasi di daerah yang dipimpinnya. Pelantikan tersebut berlangsung, Senin 25 Maret 2024 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang.

Dalam sambutannya, Nana mengingatkan kepada Pj Walikota Tegal untuk fokus menangani inflasi di daerahnya. Sebab, inflasi Kota Tegal secara Year on Year (YoY) sebesar 3,28%. 

Angka tersebut masih di atas inflasi provinsi sebesar 2,89% dan nasional sebesar 2,61%. Sehingga Nana wanti-wanti agar Pj Walikota Tegal yang baru dilantik bisa segera fokus dengan hal tersebut.

Diketahui, Pj Walikota Tegal Dadang Somantri menggantikan Walikota Tegal periode 2019-2024 Dedy Yon Supriyono karena masa jabatannya sudah selesai per 23 Maret 2024. Karena dilantik menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H, Dadang diminta segera melakukan langkah pengendalian inflasi terutama menjelang Lebaran.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Tentukan Langkah Rehabilitasi Pasca Bencana Pekan Depan, Pj Gubernur Bilang Begini

"Lakukan langkah pengendalian Inflasi dengan menjaga stok bahan pangan strategis, Gerakan Pangan Murah, operasi pasar, mendorong diversifikasi pangan, dan lainnya," kata Nana saat memberikan arahan usai pelantikan Pj Walikota Tegal. 

Senyampang dengan itu, Nana juga meminta kapada Dadang agar mempersiapkan antisipasi arus mudik Lebaran. Sebab, Kota Tegal merupakan titik bertemunya arus mudik dari Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal (Slawi), dan Kabupaten Brebes. 

Menurutnya, perlu dilakukan kolaborasi yang baik dengan TNI, Polri, maupun OPD terkait agar lalu lintas di Kota Tegal dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman.

Tantangan yang lain, lanjut Nana, adalah antisipasi dalam menghadapi cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini terjadi juga perlu diperhatikan. Mitigasi, kontijensi, rehabilitasi, dan rekonstruksi bencana harus dilakukan secara maksimal.

BACA JUGA: Inflasi Jawa Tengah Terimbas Kenaikan Harga Beras, Pj Gubernur Minta Kepala Daerah Pastikan Hal Ini

"Lakukan upaya-upaya pencegahan untuk meminimalisir dampak bencana. Jalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas masyarakat menghadapi bencana," jelasnya.

Selain melantik Pj Walikota Tegal, Nana juga menyampaikan apresiasi atas dharma bhakti yang diberikan oleh Dedy Yon Supriyono selama menjabat Walikota lima tahun terakhir. Apalagi dalam periode tersebut banyak penghargaan yang diraih oleh Kota Tegal.

Sumber: