Inflasi Jawa Tengah Terimbas Kenaikan Harga Beras, Pj Gubernur Minta Kepala Daerah Pastikan Hal Ini

Inflasi Jawa Tengah Terimbas Kenaikan Harga Beras, Pj Gubernur Minta Kepala Daerah Pastikan Hal Ini

INFLASI- Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat memberi arahan terkait inflasi Jawa Tengah menjelang Ramadhan dan Idulfitri.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Inflasi Jawa Tengah pada Februari 2024 secara month to month (MtM) sebesar 0,57%. Persentase tersebut tergolong cukup tinggi disebabkan kenaikan harga beras dalam dua pekan terakhir. 

Sedangkan inflasi Jawa Tengah secara year on year (YoY) mencapai 2,98%. Hal ini seperti diungkap Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Terkait inflasi Jawa Tengah ini, pihaknya mengimbau seluruh kepala daerah di wilayahnya untuk memastikan ketersediaan pangan. Terutama menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Penting bagi kita untuk memastikan ketersediaan bahan pokok strategis dengan harga yang terjangkau," kata Nana usai menyinggung inflasi Jawa Tengah, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA: Angka Inflasi Kabupaten Tegal 3,68 Persen, Cabai Jadi Penyumbang Tertinggi

Nana menyampaikan hal tersebut saat memberikan arahan dalam acara High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah Semester I Tahun 2024 dan Persiapan Menghadapi Ramadan di Ballroom Hotel Tentrem, Kota Semarang.

Kondisi inflasi Jawa Tengah menjelang Ramadhan ini perlu ditekan lagi oleh semua stakeholder agar tidak melonjak tinggi. Apalagi ada sejumlah isu yang perlu diwaspadai menjelang Ramadan, di antaranya tren kenaikan harga beras. 

Harga beras medium di Jawa Tengah Rp15 ribu

Hingga 1 Maret 2024, harga beras medium di Jawa Tengah sebesar Rp15 ribu atau mencapai 37% di atas harga acuan pembeli (HAP). Selain itu, kenaikan harga sejumlah komoditas sembako akibat kenaikan permintaan.

Setidaknya empat komoditas yang perlu dilakukan intervensi, yaitu beras medium yang harganya 37,6% di atas HAP, beras premium yang harganya 20,9% di atas HAP, cabai merah besar yang harganya 62,6% di atas HAP, dan gula pasir yang harganya 26,2% di atas HAP. 

BACA JUGA: Waspada Lonjakan Inflasi Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pj Gubernur Jateng: Biasanya Naik

Adapun enam komoditas lain juga berstatus waspada, yaitu telur ayam ras 16% di atas HAP, cabai merah keriting 41% di atas HAP, bawang putih 23% di atas HAP, cabai rawit merah 35,6%, minyak 5,7% di atas HAP, dan kedelai impor 22,8% di atas HAP.

Sumber: