Hampir 3 Pekan, Pembuatan Tanggul di Babakan-Losari Brebes yang Jebol Belum Rampung

Hampir 3 Pekan, Pembuatan Tanggul di Babakan-Losari Brebes yang Jebol Belum Rampung

Pembangunan tanggul yang jebol di Desa Babakan, Kecamatan Losari Brebes masih belum selesai. Saat ini proses pembuatan masih dalam tahap pemasangan batu dasar.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hampir 3 pekan pasca jebol, pembuatan tanggul di Babakan-Losari, Brebes  belum juga rampung. Hingga saat ini, Senin 25 Maret 2024 pembuatan tanggul masih dalam tahap pembuatan tanggul dasar.

Kepala Desa Babakan Cahyoto Imanudin mengatakan, hingga hari ke-18 pascakejadian banjir, pembuatan tanggul di Babakan-Losari, Brebes belum juga selesai. Menurutnya, saat ini pembangunan tanggul masih pembuatan tanggul dasar.

Sejumlah alat berat dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung (Cimancis) juga masih standby di lokasi pembuatan tanggul di Babakan-Losari, Brebes yang jebol.

"Alhamdulillah pemasangan batu dasar buat tanggul sudah setengah," ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon genggamnya terkait perbaikan tanggul di Babakan-Losari, Brebes.

BACA JUGA: Perbaikan Tanggul di Losari Brebes yang Jebol Terkendala Cuaca

Cahyoto menyampaikan, sejauh ini faktor masih belum rampungnya kegiatan adalah faktor cuaca. Sebab, beberapa waktu lalu masih sering turun hujan yang menyebabkan genangan pada lahan yang akan dibuat tanggul di Babakan-Losari, Brebes. 

"Kemarin itu faktor cuaca jadi pembangunan tanggul belum rampung. Kemarin juga sempat menggunakan alat pompa air untuk menguras agar bisa dilakukan pemasangna batu dasar," jelasnya.

"Kalau sekarang alhamdulilah cuaca bagus, dan saat ini pemasangan batu dasar tanggul sudah dapat setengah," lanjutnya.

Dia menambahkan, total tanggul di Babakan-Losari, Brebes sepanjang 25 meter. Saat ini masih dalam tahap pemasangan batu dasar.

BACA JUGA: Tiga Tanggul Jebol Sebabkan Ribuan Rumah Terendam, Anggota DPRD Brebes Minta Segera Ada Perbaikan

"Total itu panjanganya mencapai 25 meter. Dan saat ini baru tahap pemasangan batu dasar. Semoga secepatnya bisa selesai," pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa pekan lalu sejumlah titik tanggul Sungai Cisanggarung di Kecamatan Losari jebol. Akibat jebolnya tanggul yang berada di Desa Babakan, Desa Bojongsari dan Karangsambung mengakibatkan sejumlah desa terendam banjir.

Hingga saat ini, proses perbaikan tanggul di Babakan-Losari, Brebes masih terus berjalan. Terutama di Desa Babakan masih terus berlanjut. Sedangkan yang di desa lain sudah rampung.(*)

Sumber: