Perbaikan Tanggul di Losari Brebes yang Jebol Terkendala Cuaca

Perbaikan Tanggul di Losari Brebes yang Jebol Terkendala Cuaca

Proses perbaikan tanggul jebol di Desa Babakan terus dikebut. Saat ini proses perbaikan terkendala cuaca.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hingga saat ini proses perbaikan tanggul yang jebol di Desa Babakan, Kecamatan Losari Brebes masih terus dilakukan. Proses perbaikan saat ini terkendala cuaca yang setiap hari turun hujan.

Kepala Desa Babakan, Kecamatan Losari Cahyoto Imanudin mengatakan, hingga saat ini proses perbaikan tanggul yang jebol belum juga selesai. Faktor cuaca jadi kendala dalam proses perbaikan.

"Belum (selesai perbaikan tanggul) masih lama," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telpon genggamnya, Kamis 14 Maret 2024.

Cahyoto menyebutkan, sedikitnya dua alat berat diterjunkan dalam perbaikan tanggul yang jebol tersebut. Kedua alar berat yang diturunkan merupakan milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung.

BACA JUGA: Korban Banjir Losari Brebes Memprihatinkan, Anggota DPRD Langsung Lakukan Ini

"Ada juga dua alat pompa air dari BBWS Cimanuk-Cisanggarung dan milik Bumdes," ucapnya.

Pompa air tersebut, lanjutnya, digunakan untuk menyedot air yang ada di dekat lokasi tanggul yang jebol. Sehingga, proses perbaikn tanggul bisa dilakukan. "Kalau kemarin sudah surut karena dipompa, tapi karena cuaca setiap hari hujan jadi ada genangan lagi," terangnya.

Dirinya berharap perbaikan tanggul yang jebol ini bisa segera selesai. Sehingga, masyarakat bisa tenang. "Semoga cuaca dalam beberap hari ke depan bagus, sehingga proses perbaikan bisa segera selesai," pungkasnya.

Seperti diketahui, akibat debit air Sungai Cisanggarung meluap tiga titik tanggul di wilayah Kecamatan Losari jebol, Rabu 6 Maret 2024 lalu. Akibatnya, ribuan rumah di wilayah Kecamatan Losari terendam.

BACA JUGA: Banjir Losari Brebes Surut, Giliran Warga Keluhkan Pegal dan Gatal-gatal

Ketiga titik tanggul tersebut berada di Desa Babakan, Bojongsari dan Karangsambung. Saat ini proses perbaikan tanggul tinggal di Desa Babakan. (*)

Sumber: