Mitos Atau Fakta, Benarkah Cinta Bisa Terhalang Kepercayaan Weton? Nomor 2 Sering Terjadi

Mitos Atau Fakta, Benarkah Cinta Bisa Terhalang Kepercayaan Weton? Nomor 2 Sering Terjadi

WETON- Mitos atau Fakta, Cinta Bisa Terhalang Weton--

RADAR TEGAL - Sebagian masyarakat Jawa masih memegang erat budaya Jawa atau yang biasa disebut tradisi kejawen. Salah satu dari tradisi Kejawen yaitu weton. Lalu, benarkah cinta bisa terhalang kepercayaan weton? Yuk simak penjelasannya.

Cocok atau tidaknya pasangan menurut masyarakat Jawa bisa dilihat dari hitungan weton jodoh. Hal ini untuk melihat peruntungan dari pasangan kekasih yang akan menikah. Namun apakah cinta bisa terhalang kepercayaan weton hanya karena dikatakan jeblog dalam kejawen.

Penjelasan lebih lanjutnya akan dibahas pada artikel mitos atau fakta, benarkah cinta bisa terhalang kepercayaan weton? Istilah Weton sendiri berasal dari bahasa Jawa Wetu yang artinya lahir atau keluar.

Dalam budaya kejawen, weton jodoh berkaitan dengan sebuah pernikahan misalnya rezeki, anak, keharmonisan, dan lain sebagainnya. Lantas apakah weton berpengaruh terhadap cinta bisa terhalang kepercayaan weton.

BACA JUGA: Mitos Weton Setu Legi Tentang Rezeki dan Kekayaan, Sukses Berkelanjutan dan Kaya Finansial?

Sebelum menuturkan janji suci, biasanya pasangan dari keluarga Jawa yang masih menganut tradisi akan mengecek wetonnya terlebih dahulu apakah cocok atau tidak. Tidak ayal jika tidak sesuai, kebanyakan dari mereka tidak melanjutkan hubungan karena takut terjadi sesuatu hal yang tidak dinginkan ke depannya.

Namun ada juga yang tetap melanjutkan dengan harapan mereka bersatu dan bahagia tanpa mengindahkan kepercayaan leluhur itu. Berdasarkan Primbon Jawa, weton juga bisa membaca watak dan karakter seseorang.

Berikut ini penjelasan mengenai sepasang kekasih yang cintanya bisa terhalang kepercayaan weton.

1. Pasangan Weton Wage dan Weton Pahing

Menurut Primbon Jawa, pasangan yang memiliki weton wage dan weton pahing diyakini dilarang untuk menikah. Pantangan ini dikarenakan weton wage bersifat seperti minyak, sedangkan weton pahing seperti air.

Air dan minyak tidak dapat bersatu dengan baik dan ini dianalogikan seperti hubungan yang jika dilanjutkan akan sulit disatukan. Jika pasangan tersebut tetap ingin melanjutkan dipercaya hubungannya akan penuh dengan pertentangan.

BACA JUGA: Mitos Weton Kamis Pon dengan Rabu Kliwon: Tidak Boleh Menikah Karena Alesan Ini?

2. Pasangan Weton dengan Neptu 25

Neptu merupakan perhitungan nilai berdasarkan jumlah dari hari kelahiran masehi dan kalender Jawa. Mitosnya, jika weton dengan neptu 25 tetap melanjutkan hubungannya ke jenjang yang lebih serius maka orang tua dari salah satu pasangan tersebut akan meninggal, Wallaualam.

Sumber: