10 Proyek Strategis di Kabupaten Brebes Tahun Ini

10 Proyek Strategis di Kabupaten Brebes Tahun Ini

Sedikitnya ada 10 proyek strategis yang bakal dibangun oleh Pemkab Brebes pada 2024 ini.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Tahun ini, sedikitnya ada 10 proyek steategis yang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. Total anggaran dalam realisasi 10 proyek stategis itu mencapai Rp60,1 miliar. 

Proyek strategis itu diantaranya pengadaan alat kesehatan dan pembangunan ruang rawat inap di RSUD Ir Soekarno Ketanggungan, peningkatan jaringan irigasi, peningkatan jalan di Kecamatan Losari dan Songgom. Pengadaan peralatan teknologi TIK untuk perluasan SD dan SMP dan rehabilitasi kolam atau bak pemijahan.

Kepala Bagian Pembangunan Setda Brebes, Anna Dwi Rahayuning Rizky mengatakan, 10 proyek strategis itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Kabupaten Brebes. Untuk beberapa proyek sudah ada yang mendapatkan pemenang tender.

"Masing-masing proyek dikerjakan sesuai jadwal, proyek lanjutan pembangunan Puskesmas Kecipir misalnya, tinggal tanda tangan kontrak dan untuk RSUD Ir Soekarno Ketanggungan Insyaallah kontraknya bulan depan," dia saat ditemui usai rapat percepatan eksekusi DAk fisik tahun 2024 di KPT Brebes, Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA: Percepatan Pembangunan 2024 di Brebes Terancam Terkendala, Proyek Masuk Belum Ada

Dirinya biasa saja, untuk proyek yang bersumber dari DAK di antaranya pengadaan alat kesehatan RSUD Ir Soekarno Ketanggungan layak, pembangunan ruang rawat inap standar ICU poliklinik dan farmasi RSUD Ir Soekarno Ketanggungan.

Kemudian, perbaikan jalan ruas Kecipir-Blangko seniliai Rp8 miliar, peningkatan jalan Tengguli-Luwunggede, peningkatan jalan Tangglong-Songgom layak, rehabilitasi jaringan irigasi di Kecamatan Bumiayu. Selanjutnya, pengadaan peralatan teknologi, informasi dan komunimasi (TIK) jenjang SD, SMP dan rehabilitasi kolam atau bak pemijahan.

Kemudian proyek yang bersumber dari APBD Kabupaten Brebes di antaranya perbaikan jalan Proklamasi.

“Untuk perbaikan Jalan Proklamasi direncanakan pengerjaannya dimulai dari depan KPT ke arah selatan menuju tembokan rajak,” jelasnya.

Proyek strategi yang bersumber dari APBD yakni lanjutan pembangungan Puskesmas Kecipir. “Saat ini proyek tersebut sudah memasuki tahap tanda tangan kontrak,” tutupnya. (*)

Sumber: