Mitos Foto Bertiga, Benarkah yang di Tengah Akan Mendapatkan Kesialan atau Kematian?

Mitos Foto Bertiga, Benarkah yang di Tengah Akan Mendapatkan Kesialan atau Kematian?

Ilustrasi. Mitos foto bertiga. Benarkah orang yang ditengah akan mendapatkan kesialan?--Freepik

RADAR TEGAL - Seperti kita tahu banyak sekali berbagai macam mitos di wilayah Indonesia yang bisa dibilang terkadang tidak masuk akal. Salah satu contohnya seperti mitos foto bertiga yang begitu familiar.

 

Disebut-sebut mitos foto bertiga orang yang di tengah akan membawa kesialan. Selain itu ada yang masih beranggapan orang di tengah tersebut bisa lebih cepat meninggal.

 

Mitos foto bertiga akan membawa kesialan masih dipercayai oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Jawa. Namun apakah benar demikian?

 

Oleh karena itu mari kita bahas selengkapnya terkait masalah mitos foto bertiga di dalam artikel kali ini. Jangan lupa untuk membacanya hingga selesai supaya mendapatkan tambahan wawasan baru.

BACA JUGA: Mengungkap Mitos Ibu Hamil Wajib Membawa Gunting Setiap Saat, Benarkah Menangkal Setan? Cek Faktanya

Asal-usul mitos foto bertiga membawa kesialan maupun kematian

 

Meskipun mitos ini dipercaya oleh masyarakat Indonesia tetapi tahukah kamu bahwa asal- usul mitos foto bertiga bukan dari Indonesia loh. Ternyata awal mulanya mitos ini muncul dari bangsa Vietnam.

 

Menurut kepercayaan mereka angka tiga merupakan angka suci bagi para dewa dan dipercaya akan membawa kesialan bagi manusia. Jadi bangsa Vietnam mengkeramatkan angka tiga yang bisa menyebabkan kesialan.

 

Selain itu mereka percaya bahwa kalau cahaya flash atau kilatan dari kamera bisa menyambar nyawa seseorang yang berada di tengah foto. Mitos foto bertiga sebenarnya ada kaitannya dengan masa penjajahan Prancis.

 

Diketahui, dalam masa penjajahan tersebut mereka sering menggunakan kamera untuk memotret penduduk Vietnam. Pada masa penjajahan Perancis di Vietnam para penjajah ini sering mengabadikan foto para penduduk Vietnam.

BACA JUGA: CEK Fakta! Ungkap Mitos Tidur Tengkurap Kaki Diangkat ke Atas Membawa Pesan Negatif

Di dalam foto yang diambil kebanyakan adalah foto bertiga dan menunjukkan mereka tampak ketakutan atau seperti orang tertekan. Jadi karena hal inilah yang membuat mitos foto bertiga dapat membawa kesialan maupun kematian bagi seseorang yang berada di tengah.

 

Kemudian mitos foto bertiga ini akhirnya menyebar ke seluruh negara Asia lainnya salah satunya seperti di Indonesia.

 

Mitos foto bertiga di Indonesia

 

Berbeda dengan bangsa Vietnam yang mengeramatkan angka tiga sebagai tanda kesialan. Sedangkan untuk mitos foto bertiga di Indonesia ini mungkin sebagian masih mempercayai dikarenakan saat pengambilan foto dalam jumlah bertiga selalu ada kehadiran penampakan mahluk gaib.

 

Akan tetapi di sisi lain menurut fotografer jika foto bertiga sebenarnya hanya memberikan dampak seperti kurang pencahayaan saja dan mungkin saat foto bertiga seringkali kesulitan untuk mendapatkan angle wajah yang mesti diperhatikan supaya hasil foto terlihat bagus.

BACA JUGA: Mitos Air Terjun Nglirip di Tuban Terbongkar! Benarkah Pasangan yang Berkunjung Akan Putus Cinta?

Mitos foto bertiga dalam pandangan Islam

 

Lalu bagaimana menurut pandangan Islam dalam mengenai mitos foto bertiga ini? Apakah benar nantinya yang di tengah di dalam foto tersebut akan mendapatkan kesialan? 

 

Jadi menurut ajaran Islam bawah segala sesuatu kehendak di seluruh muka bumi  sudah ditentukan oleh Allah SWT. Seperti yang tertera di dalam firman Allah SWT artinya :

 

“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah : dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya dan Allah maha mengetahui segala sesuatu." (QS. Al- Taghabun: 11)

 

“Tidak ada suatu bencanapun yang menimpa di bumi ini dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab ( Lauhul Mahfudz) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah” ( QS. Al- Hadid:22)

BACA JUGA: Rahasia Mitos Bunyikan Klakson di Tempat Angker, Benarkah agar Terhindar Kecelakaan di Jalan?

Jika kita lihat arti dari kedua ayat tersebut menjelaskan bahwa kejadian, masalah takdir maupun musibah seseorang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Jadi terkait mitos foto bertiga tidak ada hubungannya dengan musibah yang akan terjadi nantinya.

 

Itulah dia pembahasan seputar mitos foto bertiga. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: