Debt Collector Pinjol Datang di Jam Tarawih? Ini 6 Jurus Jitu Mengahdapinya

Debt Collector Pinjol Datang di Jam Tarawih? Ini 6 Jurus Jitu Mengahdapinya

Ilustrasi. Debt collector pinjol datang di jam tarawih ini cara menghadapinya --

RADAR TEGAL- Untuk bulan puasa debt collector masih bisa melakukan penagihan kepada nasabah galbay supaya segera melunasi hutang pinjol yang masih tertunggak. Akan tetapi jika debt collector pinjol datang di jam tarawih bagaimana cara menghadapinya?

 

Meskipun memiliki hak untuk menagih akan tetapi debt collector pinjol datang di jam tarawih tentunya sangat mengganggu saat beribadah. Selain itu bisa dianggap melakukan tindakan yang tidak pantas saat bulan puasa.

 

Lalu bagaimana jika debt collector pinjol datang di jam tarawih? Jika kamu sedang mengalami hal ini maka mesti menyimak pembahasan di dalam artikel kali ini.

 

Berikut ini cara menghadapi debt collector pinjol datang di jam tarawih yang mesti Anda lakukan:

 

BACA JUGA:Bukan Kabur, Begini 5 Solusi Atasi Hutang Pinjol Legal Tanpa Dikejar DC Lapangan

 

1.Jangan Panik

 

Hal yang pertama mesti Anda lakukan yakni pastikan jangan panik saat debt collector pinjol datang di jam tarawih. Karena jika panik akan merusak segalanya dan bisa terpancing emosi

 

Selain itu Anda juga memiliki hak kenyamanan saat melakukan ibadah di bulan puasa.

 

2. Jelaskan ke agen penagih hutang

 

Kemudian jika Anda merasa terganggu saat debt collector pinjol datang di jam tarawih yang mesti Anda lakukan adalah jelaskan bahwa Anda sedang fokus beribadah dan bisa melakukan penagihan di lain waktu. Tapi perlu diingat pastikan Anda menjelaskannya secara sopan pastinya pihak DC akan mengerti.

 

3. Konfirmasi identitas DC

 

Kemudian tanyakan identitas diri debt collector seperti surat tugas penagihan dari perusahaan, kartu nama lengkap, sertifikasi APPI atau Asosiasi Pembiayaan Indonesia. Hal ini tujuannya adalah penagih hutang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya.

 

Hal ini dilakukan supaya tidak ada unsur penipuan karena banyak kasus nasabah sudah melunasi hutang ternyata di kemudian hari tercatat masih memiliki hutang.

 

4. Jangan beri informasi pribadi Anda

 

Lalu yang perlu Anda ingat dan catat baik-baik jangan berikan informasi pribadi apapun tentang Anda kepada debt collector pinjol datang di jam tarawih. 

BACA JUGA: 6 Ciri-ciri Penipuan DC Lapangan Pinjol, Sabar dan Bertindak Benar di Bulan Ramadhan

5. Catat detail kunjungan

 

Jika dirasa kedatangan debt collector pinjol datang di jam tarawih ini sangat mengganggu ibadah hal yang mesti Anda lakukan segera catat detail kunjungan tersebut, seperti nama perusahaan pinjol, waktu kedatangan DC.

 

Hal ini penting Anda dilakukan sebagai bukti karena tujuannya untuk mengajukan keluhan atau menindaklanjuti kejadian ini di kemudian hari. 

 

6. Berbicara dengan pihak yang bertanggung jawab

 

Selanjutnya jika Anda benar-benar merasa terganggu dan risih akan debt collector pinjol datang di jam tarawih untuk menagih hutang alangkah baiknya segera berbicara keluhan Anda kepada manajemen perusahaan penagih hutang atau badan pengatur yang relevan mengungkapkan masalah ini.

 

Pastikan Anda tak perlu ragu untuk Lang mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak- hak Anda saat menjalankan ibadah di bulan puasa dengan tenang tanpa adanya gangguan. Sebagai debt collector pinjol mungkin masih bisa melakukan penagihan di luar waktu ibadah supaya debitur merasa tidak terganggu.

BACA JUGA: 5 Pinjol Legal Tanpa KTP 2024 untuk Hari Raya, 5 Menit Cair Hingga Rp20 Juta

Penutup

Demikian pembahasan tentang debt collector pinjol datang di jam tarawih serta beberapa cara menghadapinya yang sesuai dengan aturan. Jika Anda tidak ingin DC datang ke rumah pastikan membayar tagihan secara tepat waktu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. (*)

Sumber: