Buntut Banjir di Semarang, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Pola Operasi Kereta Api

Buntut Banjir di Semarang, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Pola Operasi Kereta Api

Ilustrasi Pembatalan perjalanan kereta api dampak banjir di Semarang--

RADAR TEGAL - PT KAI melakukan pembatalan sejumlah perjalanan kereta api dengan pemberangkatan awal dari Daop IV Semarang. Itu, menyusul dampak banjir di Semarang yang masih berlangsung.

Selain pembatalan, juga dilakukan rekayasa pola operasi kereta api buntut banjir di Semarang tersebut. Diharapkan, banjir akan segera surut dan perjalanan kereta bisa segera pulih kembali.

Manager Humas Daop IV Semarang Franoto Wibowo mengatakan imbas banjir di beberapa titik yang meredam Jalur Rel, dilakukan pembatalan beberapa KA. Dengan pemberangkatan awal dari Daop 4 Semarang. 

"Kami mohon maaf atas pembatalan akibat banjir di Semarang tersebut. Bagi para calon penumpang yang telah memiliki tiket bisa mengembalikan di loket stasiun dan bea akan di kembalikan 100 persen di luar bea pesan," katanya.

BACA JUGA: Banjir di Semarang, Pelayanan Penumpang dari Stasiun Tawang Dipindah ke Poncol

Menurut Franoto, pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun atau via telepon.

Selain itu, ujar Franoto, pihaknya juga melakukan rekayasa pola operasi jalan memutar. Untuk 14 KA yang melintas di jalur Utara ke jalur selatan.

"Rekayasa pola operasi jalan memutar bagi KA tersebut untuk mengurangi dampak kelambatan lebih tinggi lagi," lanjut Franoto.

Terkait hal itu, kata Franoto, pihaknya memberikan service recovery (SR) kepada penumpang yang terdampak. Adapun Service recovery atau SR yang diberikan kepada penumpang yang terdampak yaitu berupa minuman, makanan ringan dan makanan berat.

BACA JUGA: Banjir di Semarang, Perjalanan Kereta Api Lintas Utara Terganggu

Franoto juga menegaskan, untuk menangani banjir di wilayah Daop 4 Semarang, pihaknya mengerahkan ratusan petugas. Serta menyiapkan material yang diperlukan agar perjalanan kereta api kembali normal secepatnya.

"Kami menyampaikan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” tutup Franoto

Daftar Kereta yang Dibatalkan dan Rekayasa Pola Operasi

1. Perjalanan Kereta Api yang dibatalkan :

  • KA Ambarawa ekspres relasi Semarang Poncol - Surabaya pasarturi.
  • KA Blora jaya relasi Cepu- Semarang Poncol.
  • KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol - Ngrombo.
  • KA Banyubiru relasi Semarang Tawang - Solobalapan

Sumber: