5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Enak tapi Buat Ibadah Jadi Terganggu

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Enak tapi Buat Ibadah Jadi Terganggu

5 jenis makanan yang harus dihindari saat sahur-freepik-

Jenis makanan yang harus dihindari saat sahur berikutnya yaitu yang pedas-pedas. Memang rasanya sulit untuk menghindari jenis satu ini, terlebih bagi pecinta pedas.

Namun, ada baiknya untuk dikurangi mengonsumsi makanan pedas selama Ramadhan agar tidak memicu masalah pencernaan. Apalagi bagi orang-orang yang menderita asam lambung.

Makan makanan pedas di pagi hari bisa menaikan asam lambung, terlebih nantinya harus berpuasa. Jangan sampai puasa harus batal di tengah-tengah karena harus mengonsumsi obat pereda nyeri lambung.

3. Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Menu pantangan saat sahur berikutnya yaitu makanan dengan kadar garam tinggi. Sebab, makan-makanan asin nanti bisa membuat Anda lebih cepat haus.

BACA JUGA: 7 Bahaya Makan Mie Instan saat Sahur, Sebaiknya Hindari Agar Puasa Gak Batal

Tidak hanya itu, mengonsumsi garam terlalu tinggi bisa memicu masalah hipertensi atau darah tinggi. Maka dari itu, penting untuk membatasi penggunaan MSG. 

4. Makanan Terlalu Manis

Rasanya memang kurang lengkap jika tidak mengonsumsi makanan manis, ya? Namun, makanan atau minuman manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Nantinya insulin harus bekerja lebih keras menurunkan kadar gula, sehingga akan ada penurunan energi lebih cepat. Hal inilah yang justru membuat tubuh akan merasa cepat lapar. 

Terlebih jika sudah memiliki riwayat penyakit diabetes. Solusinya yaitu konsumsi karbohidrat kompleks, seperti beras merah, hitam, dan multigrain agar kenyang lebih lama.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Menu Sahur Ramadhan, Mudah Dibuat di Rumah dengan Bahan yang Mudah

5. Kafein

Jenis makanan yang harus dihindari saat sahur berikutnya adalah kafein, yang berlaku juga pada minuman. Mengonsumsi kafein bisa meningkatkan frekuensi Anda untuk buang air kecil. Akibatnya nanti tubuh akan kekurangan cairan dan akan lemas.

Selain itu, kafein berlebih juga merangsang usus besar, yang bisa membuatnya membuang sisa pencernaan lebih cepat. Ada baiknya konsumsi kafein saat berbuka saja dengan kafein rendah, seperti white tea, matcha, dan sebagainya.

Sumber: