Terungkap! Ternyata Ini 4 Penyebab AC di Rumah Cepat Rusak, Sebaiknya Hindari

Terungkap! Ternyata Ini  4 Penyebab AC di Rumah Cepat Rusak, Sebaiknya Hindari

Penyebab AC di Rumah Cepat Rusak.--

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengguna barang elektronik seperti AC. Maka, perlu berhati-hati dalam menggunakannya, jika tidak alat pendingin ini dapat mudah rusak. Berikut ini penyebab AC di rumah cepat rusak.

Air conditioner atau AC sendiri merupakan alat yang menyerap udara panas, lalu mendinginkan ruangan dengan bantuan freon. Berikut ini penyebab AC di rumah cepat rusak.

Dengan mengetahui penyebab AC di rumah cepat rusak. Maka dapat meminimalisir  terjadinya kerusakan pada AC Anda.

Dengan melakukan perawatan dan menggunakan AC dengan hati-hati. Penyebab AC di rumah cepat rusak ini dapat Anda tangani dengan baik.

BACA JUGA: 5 Hal yang Membuat AC Cepat Rusak dan Cepat Sekali Panggil Tukang Servis, Ternyata Penyebabnya Sepele

Penyebab AC di  Rumah Cepat Rusak

 

1. Lupa mengganti atau membersihkan filter AC

Tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk yang bikin AC cepat rusak pertama yakni Anda lupa mengganti atau membersihkan filter AC secara rutin. Filter AC sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting untuk membersihkan udara yang masuk ke dalam rumah Anda.

Apabila filter AC di  rumah Anda kotor maka akan menghambat aliran udara dan bisa membuat AC bekerja lebih keras untuk menjaga suhu ruangan supaya tetap dingin. Tidak hanya dapat meningkatkan listrik di rumah meningkat, filter AC yang jarang Anda bersihkan juga akan rentan terkena masalah mekanik dan mengurangi umur penggunaannya.

BACA JUGA: Hindari 4 Kebiasaan yang Bisa Membuat AC Cepat Rusak, Salah Satunya Menutupi Semua Ventilasi

2. Meletakkan furnitur besar dekat dengan AC

Salah satu kesalahan yang paling umum yang membuat AC di rumah cepat rusak yakni tidak membiarkan ventilasi AC bekerja  dengan leluasa. Hal tersebut  terjadi, karena Anda meletakkann furnitur terlalu dekat denganbagian bawah AC.

adapun peletakkan AC ini dapat membebani kerja AC karena aliran udara  tidak bekerja dengan baik.

3. Tidak servis AC

Tahukah Anda bahwa AC membutuhkan perawatan secara rutin untuk  bisa bekerja dengan efisien. Namun, kebanyakan dari Anda justru memanggil jasa service AC pada  saat  AC sudah rusak.

Dengan memanggil jasa service AC secara rutin maka bisa membuat Anda mengetahui potensi kerusakan dan memperbaikinya sebelum parah. Cara ini juga bisa membuat Anda jadi lebih teratur membersihkan dan mengganti filter AC.

BACA JUGA: Varian AC Portable Midea Terbaik 2024, Punya Fitur Auto Restart yang Mampu Bersihkan Segala Macam Debu

4. Menutup ventilasi di beberapa bagian rumah

Beberapa pemilik rumah biasanya menutup ventilasi rumah Mereka dengan tujuan untuk menghemat penggunaan energi pada  saat menyalakan AC. Namun, hal tersebut justru salah, lho.

AC sendiri dibuat untuk mendinginkan ruangan tertentu saja dengan ukuran tertentu. Anda tentu pernah mendengar istilah AC ½ PK, 1 Pk, atau 2 PK bukan.

Nah, setiap AC didesain berbeda untuk ruang yang kecil hingga ruang besar. Oleh karena itu, menutup ventilasi  di beberapa bagian rumah akan mengurangi jumlah ruang yang dibutuhkan AC yang perlu didinginkan.

Sehingga AC akan bekerja tidak sesuai dengan kapasitasnya. Hal tersebut tentu akan membuat AC bekerja lebih lama untuk bisa mendinginkan ruangan, koil evaporasi membeku, tagihan listrik meningkat, dan umur AC lebih pendek.

BACA JUGA: 4 Cara Menjaga AC Supaya Awet, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Jadi Kesalahan Fatal

Selain mengetahui penyebab AC di rumah cepat rusak, Anda juga perlu mengetahui rekomendasi AC low watt terbaik sebagai berikut. AC low watt sendiri menggunakan kompresor dengan putaran tetap, namun dengan kapasitas pendinginan yang sedikit lebih kecil dari AC standar. 

Selain itu, AC low  watt juga menggunakan kompresor yang lebih kecil sehingga konsumsi daya listriknya konsisten  rendah.

Rekomendasi AC Low Watt

  1. AC Standard LG ½ PK H05TN4
  2. AC Midea 0.5 PK MSAF-05CRN2
  3. AC Gree MOO5s 0.5 PK GWC-05MOO5S
  4. AC TCL ½ PK TAC 05 CSD/XA
  5. AC Polytron Deluxe2 ½ PK PAC 05VH
  6. AC Hisense 0.5 PK AN05CEG

BACA JUGA: 4 Tips Menggunakan AC saat Hujan, Kurangi Masalah Kelembaban Udara seperti Jamur dan Lumut

Demikian ulasan mengenai penyebab AC di  rumah cepat rusak. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: