Ngeyel Kabur dari Kejaran DC Pinjol, Ini yang Bakal Mereka Lakukan Terhadap Riwayat Kredit Anda

Ngeyel Kabur dari Kejaran DC Pinjol, Ini yang Bakal Mereka Lakukan Terhadap Riwayat Kredit Anda

Ngeyel Kabur Dari Kejaran DC Pinjol, Ini yang Bakal Mereka Lakukan Terhadap Riwayat Kredit Anda--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Nekat kabur dari kejaran DC pinjol kerana tidak punya uang atau memang sengaja tidak mau bayar, Anda mesti hati-hati. Inilah beberapa hal yang akan terjadi pada riwayat kredit Anda ketika kabur dari kejaran debt collector pinjol.

DC pinjol, merupakan petugas penagihan yang biasanya direkrut oleh perusahaan pinjaman online untuk melakukan penagihan ke nasabah. Nasabah yang ditagih adalah nasabah yang telah melampau batas 90 hari.

Adapun alasan perusahaan pinjaman online merekrut DC pinjol kerana perusahaan tidak diperbolehakan menagih setelah batas 90 hari. Debt collector pinjol yang direkrut juga haruslah yang legal dan telah diauki oleh OJK.

Nah artikel ini akan membahas mengenai apa yang dilakukan oleh DC pinjol kepada nasabah yang niat kabur dari kejaran mereka. Berikut informasi lengkapnya bisa Anda simak melalui penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 4 Tips Menghapus Data Pinjol Secara Permanen, Riwayat di SLIK OJK Ikut Terhapus?

Dampak kabur dari kejaran debt collector pinjol

Mengutip dari beberapa sumbet ada 5 hal yang bakal dilakukan oleh debt collector pinjol kepada nasabah galbay yang niat kabur, antara lain:

1. Menurunkan Skor Kredit

Pertama, debt collector pinjaman online akan melaporkan nasabah galbay yang kabur ini kepada pihak perusahaan. Kemudian pihak perusahaan pinjaman online akan melaporkan perilaku nasabah tersebut kepada OJK.

OJK akan memasukan riwayat nasabah tersebut ke dalam SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan. Nah, informasi didalam SLIK akan mencatata segala aktivitas kredit nasabah termasuk nasabah yang galbay.

Nasabah yang galbay akan dicatat di SLIK sebagai nasabah yang lalai dan tidak bertanggung jawab dengan skor kredit yang rendah. Skor kredit yang rendah menyebabkan nasabah akan kesulitan mendapatkan pinjaman melalui bank atau lembaga keuangan manapun.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Hapus Data Pinjol Lewat HP? Cukup di Rumah Tanpa Cari Kantor Pinjaman Online

2. Masuk Blacklist Pinjol

DC pinjol bisa saja memblacklist nasabah yang galbay atau gagal bayar yang selalu kabur dari kejaran mereka. Hal ini akan menjadikan nasabah kesulitan mendapatkan pinjaman dari layanan pinjol manapun.

Sumber: