4 Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol 2024, Cukup Pakai HP Semua Teratasi

4 Cara Menghapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol 2024, Cukup Pakai HP Semua Teratasi

cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol--

Jika memang sedang memiliki utang pada pihak pinjaman online tersebut, pastikan untuk melunasi utangnya terlebih dahulu dan juga melunasi bunga dari pinjaman tersebut.

Kalau sudah melakukan pelunasan berarti urusan dengan pihak pinjol sudah selesai dan bisa bebas menghapus data diri dari aplikasi tersebut. 

3. Hapus Aplikasi tersebut

Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan, namun masih khawatir, maka cara menghapus data pribadi selanjutnya dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi pinjol tersebut. Dengan begitu, pihak pinjol tidak lagi dapat mengakses seluruh data di dalam ponselmu.

Berikut ini cara-caranya:

  • Buka menu ‘Pengaturan’ pada ponsel Anda.
  • Selanjutnya, pilih ‘Aplikasi’.
  • Lalu, cari aplikasi pinjaman online yang ingin Anda hapus.
  • Pilih ‘Uninstall’.

BACA JUGA: Hati-hati Bahaya! Ini Cara Kerja Jasa Hapus Data Pribadi Pinjol Beserta Tips Menghindarinya

Jadi dengan meng-uninstall aplikasi pinjol tersebut, akan meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan dengan menghapus data pribadi dari aplikasi pinjol. Agar tidak disalagunakan pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Masih belum yakin data Anda aman? Anda juga bisa mengganti SIM card Anda dengan yang baru. Ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh mencegah data pribadi Anda disalahgunakan.

Selanjutnya, untuk mencegah penyebaran data, Anda perlu menonaktifkan seluruh akun media sosial yang Anda miliki untuk sementara waktu.

4.  Lapor OJK

Langkah terakhir yang dapat dilakukan, yaitu dengan melaporkan penyalahgunaan data pribadi Anda ke OJK. Pihak OJK akan menerima laporan yang berkaitan dengan pinjaman online ilegal.

BACA JUGA: 5 Cara Menghapus Data Pribadi Pinjaman Online dengan Aman, Mudah Tanpa Ribet

Melalui laporan yang Anda sampaikan penelusuran dan tindak lanjut dapat dilakukan. Berikut ini kontak resmi OJK yang dapat Anda hubungi untuk melaporkan penyalahgunaan data aplikasi pinjol ke situs resmi OJK di ojk.go.id.

Kesimpulan 

Cara menghapus data di aplikasi pinjol ini bisa Anda lakukan agar terhindar dari berbagai penipuan dan supaya tidak lagi berhubungan dengan pinjaman online atau debt collector. Namun perlu diingat bahwa sebelum menghapus data tersebut, Anda sudah melunasi semua utang.

Sumber: