Dibuka PJ Bupati Tegal, Pesta Siaga Cabang Digelar di WKJ Balapulang

Dibuka PJ Bupati Tegal, Pesta Siaga Cabang Digelar di WKJ Balapulang

BUKA - Pj Bupati Tegal didampingi Pengurus Kwarcab Tegal membuka Pesta Siaga di WKJ Kalibakung--

RADAR TEGAL - Pj Bupati Tegal membuka kegiatan pesta siaga Kwartir Cabang Tegal 2024 di Wisata Kesehatan Jamu ( WKJ) Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu 2 Maret 2024.

Dalam sambutanya saat membuka kegiatan pesta siaga tersebut, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah mengatakan Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam membangun kepribadian generasi tunas bangsa. Khususnya para Siaga untuk menggali potensi diri, mengembangkan bakat dan minat.

"Serta mengendalikan diri meraih kecakapan hidup dan membentuk akhlak mulia. Melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan," katanya. 

Menurut Agustyarsah, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Siaga sebagai wahana bermain sambil belajar. Dirinya juga berpesan agar peserta bisa menyerang nilai-nilai moral kebaikan, manfaatkan sebagai bekal pengetahuan yang akan membantu proses pembentukan mental karakter adik-adik semua. 

BACA JUGA: 704 Pelajar Ikut Pesta Siaga Kwarran Bojong Kabupaten Tegal

"Melalui gerakan Pramuka ini, Yanda berharap kalian bisa ikut mengobarkan semangat gotong royong, melakukan perubahan mulai dari lingkungan terdekat. Ajak teman-teman kalian bergabung di gerakan kepanduan ini dan buktikan perubahan itu nyata serta bisa dilakukan oleh siapa saja," cetusnya. 

Agus juga berpesan agar peserta bisa menikmati dan merasakan pengalaman seru Pesta Siaga. Juga memetik pembelajaran yang menarik dan menukarkan kepada yang lain.

"Berikan yang terbaik agar kontingen kalian mampu meraih prestasi di tingkat Cabang ini. Sehingga, bisa berlanjut di tingkat Daerah pada 29 Mei 2024 mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tegal , dr Widodo Joko Mulyono mengatakan Pesta Siaga Kwarcab Tegal kali ini diikuti 304 peserta putra dan putri dari 18 Kecamatan. Serta satu peserta kehormatan dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Manunggal Slawi.

BACA JUGA: Siswa SD Timbangreja 2 Kabupaten Tegal Ikut Pesta Siaga

"Kegiatan ini bertujuan membentuk setiap pramuka Siaga memiliki karakter mulia. Memiliki kecakapan hidup, cinta NKRI, warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan siap sedia membela negara," katanya. 

Dia menyebutkan, pemenang Pesta Siaga Kwartir Cabang Tegal untuk Barung Putra juara I dengan nilai 766 diraih Kwartir Suradadi, juara II dengan nilai 757 diraih Kwartir Bumijawa, dan juara III dengan nilai 746 diraih Kwartir Slawi. Untuk Barung Putri juara I dengan nilai 756 diraih Kwartir Suradadi, juara II dengan nilai 748 Kwartir Bojong, dan juara IIIdiraih Kwartir Margasari dengan nilai 743. 

"Untuk juara I dan II berhak mengikuti Persari Kwarda Jawa Tengah. Yang akan diselenggarakan di Banyumas bulan Juni 2024," tegasnya. (*)

Sumber: