2 Program Pelunasan Hutang dari Pemerintah Khusus Ramadan, Nasabah Galbay Bisa Ikutan

2 Program Pelunasan Hutang dari Pemerintah Khusus Ramadan, Nasabah Galbay Bisa Ikutan

Program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadhan--

RADAR TEGAL - Bagi nasabah galbay, program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadhan bisa Anda gunakan nih.

Pasalnya program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadhan bisa jadi salah satu solusi lepas dari jeratan pinjaman yang membelenggu.

Dengan program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadhan, Anda bisa mendapatkan keringanan hutang Anda. Jadi bagi nasabah galbay tidak perlu khawatir lagi hidup tidak nyaman karena didatangi dc lapangan.

Nah berikut 2 program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadhan yang bisa Anda gunakan. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA:5 Cara Pelunasan Hutang Pinjol yang Keliru, Bisa-bisa Malah Makin Sulit Lunas

2 Program pelunasan hutang dari pemerintah khusus Ramadan

1. Crash Program

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan meluncurkan program untuk membantu keringanan hutang bagi debitur kecil. Hal tersebut dimulai berdasar peraturan Menteri Keuangan Nomor 11/PMK.06/2022 tanggal 22 Februari 2022.

Kriteria bagi nasabah yang mendapat keringanan hutang yaitu debitur yang menjalankan Usaha Mikro, Kecil, atau Menengah (UMKM) dengan hutang paling banyak Rp5 miliar. 

Kedua, debitur penerima kredit pemilikan rumah sederhana/rumah sangat sederhana (KPR RS/RSS) dengan kredit paling banyak Rp100 juta, dan ketiga debitur dengan sisa kewajiban sebesar Rp1 miliar.

Anda bisa mengajukannya dengan melampirkan kartu identitas pemohon dan dokumen pendukung berupa surat keterangan dari aparat/dinas, yang menyatakan tidak mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan seluruh utang tanpa pemberian keringanan atau sebagai pelaku UMKM atau penerima kredit KPR RS/RSS. 

BACA JUGA: Ingin Tenang Jelang Ramadhan? Begini 9 Cara Melunasi Hutang Pinjol Sampai Ludes Tak Tersisa

Untuk seluruh debitur yang lolos akan mendapat keringanan seluruh sisa utang bunga, denda, dan ongkos/biaya lainnya. Sedangkan terhadap utang pokok, keringanan utang yang didapat oleh para debitur beragam sesuai dengan ketersediaan barang jaminan dan waktu pelunasan.

Namun perlu Anda perhatikan, bahwa program ini berjalan pada saat masa pandemi. Untuk informasi apakah program ini dibuka kembali atau tidak pada bulan Ramadhan depan, Anda bisa langsung melihat pada website resmi DJKN Kementerian Keuangan.

2. Program Dedikasi Untuk Negeri Bank Indonesia

Sumber: