7 Cara Mengecek Mesin Toyota Innova Bekas Sebelum Membelinya, Dijamin Dapat Barang Istimewa

7 Cara Mengecek Mesin Toyota Innova Bekas Sebelum Membelinya, Dijamin Dapat Barang Istimewa

TOYOTA - Meskipun mesin Toyota Innova bekas memiliki reputasi yang baik dalam hal ketahanan dan kenyamanan, namun sebagai calon pembeli, Anda tetap perlu mengeceknya.--

RADAR TEGAL - Toyota Innova, sebuah mobil sejuta umat dalam jagad otomotif Indonesia, telah merajai pasar mobil MPV dengan daya tahan mesin Toyota Innova bekas, kenyamanan, dan nilai jual yang tak tertandingi. 

Dengan popularitasnya yang tetap stabil, semakin banyak orang yang memilih mesin Toyota Innova bekas sebagai mobil keluarga idaman. Bagaimana tips mengecek mobil ini?

Namun, di balik gemerlapnya pilihan ini, terselip tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kualitas mesin Toyota Innova bekas yang menjadi jantung dari kendaraan ini. 

Sebelum memutuskan untuk membeli Innova bekas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, terutama terkait kondisi mesin Toyota Innova bekas ini. 

Berikut adalah 7 tips yang perlu Anda perhatikan saat akan membeli Toyota Innova bekas, khususnya terkait dengan kondisi mesinnya. Simak penjelsannya berikut ini.

BACA JUGA: Perbandingan Mesin Toyota Kijang Innova Baru dan Lama, Berikut Tenaga, Teknologi, dan Efisiensinya

1. Periksa tampilan luar mesin

Saat akan membeli Toyota Innova bekas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa tampilan luar mesinnya. Buka kap mesin dan perhatikan kondisinya. Pastikan ruang mesin bersih dan tidak ada kotoran berlebihan. 

Periksa juga apakah ada baut yang longgar, berkarat, atau terlihat baru diganti. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya kerusakan atau perbaikan yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran oli, air radiator, atau cairan lainnya yang dapat mengindikasikan masalah pada mesin.

2. Cek oli mesin

Salah satu hal yang penting untuk diperiksa saat membeli mobil bekas adalah kondisi oli mesinnya. Tarik dipstick oli dan perhatikan warnanya. Oli yang masih bagus seharusnya berwarna kuning bening, sedangkan oli yang sudah kotor cenderung berwarna coklat kehitaman. 

Pastikan juga level oli sesuai dengan batas yang tertera pada dipstick. Perhatikan apakah ada bau gosong atau asap yang keluar dari dipstick, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin.

BACA JUGA: 7 Kelebihan Mobil Daihatsu Sigra yang Tidak ada di Toyota Innova dan Honda Brio

3. Nyalakan mesin dan dengarkan suaranya

Sumber: