Lebih Baik Respon DC Pinjol atau Abaikan? Nasabah Galbay Wajib Tahu Ini Agar Tetap Aman

Lebih Baik Respon DC Pinjol atau Abaikan? Nasabah Galbay Wajib Tahu Ini Agar Tetap Aman

Ilustrasi lebih baik respon DC pinjol atau abaikan?--

RADAR TEGAL - Nasabah galbay maupun yang mengalami telat pembayaran di aplikasi pinjol pastinya akan dihubungi secara terus-menerus melalui telepon, SMS, WhatsApp dan email setiap hari. Lantas lebih baik respon DC pinjol atau abaikan?

 

Tentunya hal itu membuat nasabah merasa terganggu akan notifikasi dari DC pinjol yang memberikan peringatan untuk segera membayar tagihan. Namun disisi lain terkadang nasabah bingung lebih baik respon DC pinjol atau abaikan jika menghubunginya setiap hari.

 

Lebih baik respon DC pinjol atau abaikan? Nah buat kamu yang penasaran terkait hal ini mesti simak penjelasannya di dalam artikel ini hingga tuntas.

 

Dikutip dari laman TikTok Singgih Consultants 2 menjelaskan terkait pernyataan beberapa warganet tentang lebih baik respon DC pinjol atau abaikan jika dikirimkan WhatsApp dari debt collector. 

BACA JUGA: Tak Perlu Stres, Ini 7 Solusi Utang Pinjol Cepat Terbayar, Bukan Gali Lubang Tutup Lubang

“ Kalau menurut saya pribadi justru yang lebih membuat kita tidak nyaman itu adalah kalau kita secara terus menerus merespon WA dan telepon dari DC pinjol” katanya.

 

“ Karena yang mesti kalian ketahui kalau terus merespon ya itu artinya memberikan harapan ke mereka dan mereka menganggap bahwa kita dapat ditekan maupun akan segera membayar. Karena DC pinjol memiliki target dari keberhasilan menagih hutang” lanjutnya.

 

Berarti terkait pernyataan lebih baik respon DC pinjol atau abaikan? Ini jawabannya abaikan saja kalau memang dirasa belum memiliki uang untuk membayar. Karena tugas dari DC pinjol ini memberikan peringatan kepada nasabahnya supaya lekas membayar tagihan yang tertunggak.

 

Namun alangkah baiknya untuk segera membayar tagihan pinjol supaya Anda tidak kembali mendapatkan teror dari DC pinjol yang membuat hidup kita tidak tenang dan berdampak stress.

BACA JUGA: Harap Catat Baik-baik, Ini Waktu-waktu DC Pinjol Lapangan Akan Datang ke Rumah Nasabahnya

Lalu bagaimana cara melunasi hutang pinjol yang tertunggak supaya cepat terbayarkan? Anda mesti tahu beberapa tips ini yang bisa diterapkan mulai sekarang juga.

 

1.Hubungi Perusahaan Pinjol

 

Kamu masih memiliki hutang pinjol yang menumpuk dan bingung untuk melunasinya? Jika saat ini keuangan Anda memang tidak stabil lebih baik komunikasikan kepada perusahaan pinjol dan sampaikan niat baik Anda untuk segera melunasi hutang. Biasanya beberapa perusahaan pinjol mau bekerja sama untuk mengatur rencana pembayaran hutang yang lebih terjangkau.

 

2.Negosiasi Suku Bunga Tunggakan

 

Dalam beberapa kasus yang terjadi pada nasabah galbay biasanya suku bunga pada pinjol akan mengalami kenaikan berapa persen. Karena itu mencoba untuk negosiasi suku bunga agar lebih ringan kepada perusahaan pinjol.

 

3. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

 

Meskipun Anda memiliki pekerjaan dengan gaji pokok, jika kemungkinan carilah sumber pendapatan tambahan untuk melunasi hutang pinjol agar cepat lunas. Anda bisa mencari pekerjaan freelance seperti jadi barista, jualan online, menulis artikel dan lain sebagainya.

 

4. Buat Rencana Pelunasan

 

Hal paling penting cara melunasi hutang pinjol yakni usahakan buat rencana pelunasan. Hindari hal-hal yang menghamburkan uang, lebih baik sisihkan untuk segera melunasi pinjol dan Anda dapat lebih khusyuk dan tenang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

BACA JUGA: 5 Cara Mengusir DC lapangan Pinjol Saat Datang ke Rumah yang Aman dan Efektif, Tetap Khusuk Jalani Ramadhan

5. Kurangi Pengeluaran

 

Jika Anda memiliki hutang pinjol yang menumpuk selama bertahun-tahun, lebih baik kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan mengalokasikan dana ekstra untuk melunasi hutang.

 

6. Hindari Utang Baru di Tempat Lain

 

Yang perlu Anda ingat dan perhatikan jika masih memiliki hutang pinjol yang masih belum lunas, alangkah baiknya tidak membuat hutang baru di tempat lain hanya untuk melunasi hutang pinjol sebelumnya. Karena hal ini dapat menyebabkan memperburuk keuangan Anda.

 

7. Jual Aset

 

Jika memang sangat mendesak dan darurat hal paling bisa untuk dapat melunasi hutang pinjol ialah menjual aset yang dimiliki. Seperti kendaraan motor, emas maupun barang berharga lainnya.

BACA JUGA: DC Pinjol Datang Setelah Berapa Lama? Ini Jawaban Pertanyaan yang Sering Menghantui Nasabah Telat Bayar

Itulah dia beberapa penjelasan lebih baik respon DC pinjol atau abaikan? Serta beberapa tips supaya hutang pinjol yang belum lunas segera lunas. (*)

Sumber: