Terlanjur Cantumkan Kontak Darurat? Ini Cara Agar DC Pinjol Tidak Bisa Menghubungi Kantor Jelang Puasa

Terlanjur Cantumkan Kontak Darurat? Ini Cara Agar DC Pinjol Tidak Bisa Menghubungi Kantor Jelang Puasa

Cara agar DC pinjol tidak menghubungi ke kantor--

RADAR TEGAL- Apakah kamu sedang gelisah karena terlanjur mencantumkan kontak darurat nomor kantor? Mulai sekarang tak perlu khawatir karena ada cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor, terutama menjelang puasa saat ini.

 

Masalah DC pinjol menghubungi kontak darurat tentunya ini bikin nasabah merasa terganggu. Oleh karena itu mesti tahu cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor.

 

Terkadang masalah kontrak darurat ini berpotensi disalahgunakan seperti kontak darurat dihubungi padahal tagihan belum jatuh tempo. Nah hal ini agar tidak terjadi ini cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor.

 

Dengan mengetahui cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor hidup Anda lebih tenang menjelang puasa. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat Tanpa Galbay, Kini Nasabah Tidak Perlu Pusing Terbebani

1. Jalani Hubungan Baik dengan DC

 

Cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor yang pertama menjalin hubungan baik dengan debt collector pinjol. Caranya dengan selalu merespon penagihan dari DC pinjol dan kemudian jelaskan dengan baik tentang kondisi keuangan Anda jika memang sedang kesulitan untuk membayar hutang.

 

2. Buat Kesepakatan

 

Kemudian buatlah kesepakatan terkait penagihan yang dilakukan. Misalnya, DC tidak boleh menghubungi kontak darurat selama debitur masih bisa dihubungi.

 

Jadi kalau perlu alangkah baiknya buatlah kesepakatan tertulis agar lebih aman. Akan tetapi perlu diingat Anda juga harus mengikuti regulasi dari pihak pinjol. 

 

3. Membayar Tagihan Pinjol Tepat Waktu

 

Usahakan bayar utang tepat waktu dan memang mengalami telat pembayaran segera langsung komunikasikan dengan debt collector. Hal Ini supaya DC pinjol tidak langsung menghubungi kontak darurat yang tercantum di kantor Anda bekerja..

BACA JUGA: Khawatir Pinjol Menyebarkan Data Pribadi Nasabah, Ini Cara Mengantisipasinya

Dikutip dari berbagai sumber lainnya, selain dengan cara di atas ada beberapa tips agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kontak darurat misalnya memang Anda terlanjur cantumkan nomor kantor sebagai kontak darurat di aplikasi pinjol. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

 

1. Pilih Aplikasi Pinjol Legal

 

Hal paling penting adalah untuk memilih aplikasi pinjol legal yang terbukti resmi diawasi oleh OJK dan tentunya sudah dipastikan keamanannya dari segi privasi. Dengan menggunakan aplikasi pinjol legal sudah ada peraturan larangan menghubungi kontak darurat nasabahnya.

 

2. Periksa Izin Aplikasi

 

Kemudian jika memang Anda terpaksa menggunakan pinjol karena sedang mendesak. Pastikan sebelum download aplikasi pinjol kemudian install lalu cek untuk memeriksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Dan jika muncul keterangan aplikasi meminta izin untuk mengakses kontak, Anda dapat menolak izin tersebut.

 

3. Ganti Nomor SIM Card

 

Jika memang Anda terlanjur memasukkan nomor kontak darurat dan tiba-tiba DC pinjol menghubungi kontak darurat tersebut, Anda bisa langsung segera mengganti nomor SIM Card dengan nomor baru. Dengan begitu pihak DC pinjol tidak akan bisa menghubungi kontak darurat kembali.

 

BACA JUGA: Maksimal Sampai Jam 8 Malam, Ini Cara Melaporkan DC Pinjol yang Datang di Luar Jam Penagihan

 

4. Buat Daftar Kontak Khusus

 

Lalu saat Anda mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol alangkah baiknya sebelumnya buatlah daftar kontak khusus yang hanya berisi orang- orang yang dianggap perlu tahu tentang kegiatan finansial Anda. Karena hal ini dapat membantu untuk membatasi DC pinjol menghubungi ke kontak yang penting.

 

5. Laporkan ke OJK

 

Untuk yang terakhir jika dirasa Anda merasa terganggu dengan DC pinjol yang menghubungi kontak darurat secara terus menerus maka Anda bisa melaporkannya ke otoritas jasa keuangan ( OJK).Anda bisa melaporkan ke OJK dengan cara menghubungi email :[email protected], telepon: 157 dan WhatsApp: 081157157157. Selain itu bisa juga mengikuti langkah seperti berikut ini:

 

  • Kunjungi situs web OJK : https://www.ojk.go.id/ 

  • Lalu klik menu “ Pengaduan”

  • Pilih jenis pengaduan “ Pinjaman Online”

  • Kemudian isi formulir pengaduan secara lengkap dan benar

  • Unggah bukti pendukung seperti bukti DC pinjol menghubungi kontak darurat secara terus menerus 

  • Klik tombol “ Kirim”

BACA JUGA: Paling Aman Buat Nasabah, Ini Rekomendasi Pinjol Resmi OJK Limit Besar Tenor Panjang Hingga 2 Tahun

Itulah dia beberapa cara agar DC pinjol tidak bisa menghubungi kantor. Semoga membantu. (*)

Sumber: