Minim PJU, Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal Rawan Tawuran dan Begal

Minim PJU, Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal Rawan Tawuran dan Begal

FRAKSI PKB- Kondisi Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal yang minim PJU diungkap Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKB Umi Azkiyani. Tampak Umi Azkiyani saat reses beberapa waktu lalu.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Minim Penerangan Jalan Umum (PJU), Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal rawan tawuran dan begal. Lokasinya mulai dari belakang kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal hingga ke selatan di lapangan Desa Tegalandong Kecamatan Lebaksiu.

Imbas dari minimnya PJU di Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal, jalan tersebut rawan digunakan sebagai aksi tawuran para remaja. Hal ini seperti diungkap Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKB Umi Azkiyani.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya meminta Pemkab Tegal segera memfasilitasi lampu PJU di sepanjang Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal yang lokasinya dekat dengan pusat pemerintahan.

Menurutnya, Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal itu merupakan akses warga yang melintas dari Slawi menuju ke wilayah Kecamatan Lebaksiu dan Balapulang. Kondisi jalan sangat gelap saat malam hari. 

BACA JUGA: Anggaran Pemeliharaan PJU di Kabupaten Tegal Nihil, Tetapi Banyak Ornamen yang Raib Dicuri Orang

Selain itu juga sempit dan minim rumah penduduk. Tidak heran, jalan yang merupakan kewenangan kabupaten itu kerap dijadikan anak-anak remaja untuk tempat tawuran.

"Di situ juga rawan begal. Dinas terkait harus memperhatikan hal itu. Jangan sampai menunggu adanya korban jiwa," kata Umi Azkiyani yang mewakili Dapil 1 meliputi Kecamatan Slawi, Lebaksiu dan Dukuhwaru, Minggu 25 Februari 2024.

Sejauh ini, Umi mengaku kerap mendapat laporan dari warga bahwa Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal itu tidak hanya minim PJU. Namun juga sebagian jalan sudah rusak dan sempit. Sehingga butuh peningkatan dan pelebaran jalan.

Umi tak menampik, mobilitas di jalan tersebut sangat tinggi. Baik siang maupun malam. 

BACA JUGA: PJU Minim dan Jalan Rusak, Ruas Karangdawa-Jatilaba Kabupaten Tegal Rawan Kecelakaan

Tidak hanya sebagai akses pendidikan, tapi juga akses perekonomian dan perindustrian. Banyak karyawan pabrik di Lebaksiu yang kerap melewati jalan itu pada malam hari.

"Kasihan kalau karyawan pulang malam, mereka tentu khawatir karena kondisi jalan sangat gelap," pungkasnya terkait Jalan Tegalandong Kabupaten Tegal yang minim PJU tersebut. (*)

Sumber: