Bojong Kabupaten Tegal Diterjang Angin Kencang, 42 Rumah Warga Rusak

Bojong Kabupaten Tegal Diterjang Angin Kencang, 42 Rumah Warga Rusak

EVAKUASI - Puluhan rumah di Bojong, Tegal diterjang angin kencang. Sejumlah petugas PMI tampak di lokasi bencana yang berada di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong, Rabu 21 Februari 2024. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sedikitnya 42 rumah di Bojong Kabupaten Tegal diterjang angin kencang, Rabu 21 Februari 2024. Tepatnya di Desa Kajenengan Kecamatan Bojong. 

Puluhan rumah di Bojong Kabupaten Tegal itu diterjang angin kencang dan diguyur hujan deras pada sore hari. Sumber dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal menyebutkan, dari 42 rumah tersebut, 5 rumah rusak sedang dan 37 lainnya rusak ringan. 

Total kerugian sekitar Rp15 jutaan. Hingga kini, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka usai musibah rumah di Bojong Kabupaten Tegal yang diterjang angin kencang tersebut.

"Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto, Rabu 21 Februari 2024 malam.

Dia menjelaskan, 5 rumah di Bojong Kabupaten Tegal yang diterjang angin kencang dan rusak sedang itu milik Ridwan RT 01 RW 04, Ramdi RT 01 RW 02, Taisah RT 05 RW 01, Dukhron RT 01 RW 04 dan Masiha RT 05 RW 01. Mayoritas kelima rumah itu atapnya lepas terbawa angin. Atap rumah berupa seng. 

BACA JUGA: Lagi, Rumah Warga Kalikangkung Tegal Ambruk usai Diterjang Angin Kencang dan Hujan Deras

Sementara, 37 rumah di Bojong Kabupaten Tegal yang diterjang angin kencang dan rusak ringan, rata-rata juga atapnya lepas, berupa asbes atau seng. Pemiliknya yakni, Tadori, Kojin, Jumadi, Timah, Warno, Karprudin, Tolib, Janatun, Marna, Bunasi, Arif, Waimah, Sidig, Karsono, Takhuri, Maryam, Dulhakim, Jamroh, Malah, Turwi, Tarno, Sudiro, Muhtip, Sri Suwarni, Yatin, Karomah, Tarkamah, Marliah, Sahroni, Warso, Muhtamil, Karno, Jueni, Tarno, Yuli, Takhuri dan Suharti.

Sejauh ini, PMI sudah melakukan assesment dan berkordinasi dengan perangkat desa serta RT RW setempat. Selain itu juga membantu warga mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah.

"Ada beberapa pohon yang tumbang, beruntung tidak menimpa manusia," ujarnya.

Dia menuturkan, hujan lebat disertai angin kencang itu terjadi pada Rabu sore. Angin kencang menggulung selama sekitar 10 menit dari arah selatan. Akibatnya, banyak rumah yang rusak dan pohon besar tumbang.

"Dalam waktu dekat, PMI akan memberikan bantuan kepada keluarga terdampak," imbuhnya terkait musibah puluhan rumah di Bojong Kabupaten Tegal diterjang angin kencang kemarin. (*)

Sumber: