400 Paket Sembako Murah Ludes di Brebes, Selisih Harga Sampai Rp33 Ribu

400 Paket Sembako Murah Ludes di Brebes, Selisih Harga Sampai Rp33 Ribu

Stabilkan harga beras, Pemkab Brebes menggelar pasar murah di dua titik, salah satunya di Pasar Bulakamba.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Guna menstabilkan harga beras di pasaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menggelar operasi pasar di Pasar Bulakamba, Selasa 20 Februari 2024. Sebanyak 400 paket sembako murah ludes terjual.

Paket sembako murah tersebut laris manis menyusul harga beras saat ini yang melambung tinggi hingga menyentuh Rp17 per kilogram. Di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Brebes, untuk harga beras premium Rp17 ribu per kg sedangkan untuk beras medium Rp15 ribu per kg. 

Sebagai upaya menstabilkan harga tersebut, Pemkab Brebes melakukan stabilisasi harga dengan menggelar operasi pasar yang menyediakan paket sembako murah. Dalam sepekan ini, Pemkab Brebes bersama Perum Bulog Cabang Pekalongan menggelar operasi pasar di dua titik. Masing-masing di pasar Bulakamba dan Pasar Banjaratma Kecamatan Bulakamba. 

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes Untung Rizaludi mengatakan, sebanyak 400 paket sembako murah disiapkan pihaknya di satu titik (Pasar Bulakamba). Masyarakat bisa membeli satu paket sembako yang meliputi beras SPHP sebanyak 5 kg, minyak goreng satu liter dan gula pasir 1 kg. 

BACA JUGA: Beras Tembus Rp17 Ribu, Harga Sembako Jelang Ramadhan di Pasar Tradisional Brebes Melejit

"Dengan satu paketnya masyarakat dapat membelinya dengan harga lebih murah dari harga normal. Yakni, dengan membayar Rp85 ribu per paketnya," terangnya terkait paket sembako murah.

Salah seorang pembeli, Watmah mengatakan, dirinya membeli satu paket sembako murah seharga Rp85 ribu. Dengan uang itu, mendapatkan beras sebanyak 5 kg, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kg.

Dia mengaku biasa membeli beras di pasar dengan harga Rp16 ribu per kg, minyak goreng Rp16 ribu per liter, dan gula pasir seharga Rp18 ribu per kg. 

"Beli di sini (operasi pasar) lebih murah. Kalau di kios pasar bisa mencapai Rp115 ribu semuanya," jelasnya.

BACA JUGA: Harga Beras di Brebes Tinggi, Pemkab Bakal Gelar Operasi Pasar

Sementara itu, Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, Pemkab Brebes menggelar operasi pasar untuk stabilisasi harga sembako. Dibanding dengan harga normal, ada selisih harga sekitar Rp33 ribu lebih dibanding jika masyarakat langsung membeli di kios-kios pasar. 

"Masyarakat bisa beli dengan harga Rp85 ribu sudah mendapatkan beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, dan gula pasir 1 kg. Jadi ada selisih harga Rp33 ribu. Dengan operasi pasar ini diharapkan harga sembako bisa segera turun," pungkasnya terkait paket sembako murah yang dijual dalam operasi pasar. (*)

Sumber: