Beras Tembus Rp17 Ribu, Harga Sembako Jelang Ramadhan di Pasar Tradisional Brebes Melejit

Beras Tembus Rp17 Ribu, Harga Sembako Jelang Ramadhan di Pasar Tradisional Brebes Melejit

Petugas Pasar Bulakamba saat mengecek harga sejumlah sembako di Kabupaten Brebes. Terpantau, harga beras dan cabai masih melejit atau masih tinggi.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Harga sembako jelang Ramadhan di berbagai daerah mulai menunjukkan peningkatan. Bahkan, di pasar tradisional Brebes, harga beras sudah tembus Rp17 ribu per kilogram untuk jenis premium. 

Harga sembako jelang Ramadhan, terutama untuk beras ini memang cukup tinggi. Untuk harga beras medium saat ini di Brebes sudah tembus Rp15 ribu per kg.

Salah seorang pedagang beras di Pasar Bulakamba, Kecamatan Bulakamba Tohir, 48 tahun, mengungkap harga sembako jelang Ramadhan di tempatnya. Menurutnya, sudah beberapa hari terakhir harga beras di pasar tersebut masih cukup tinggi.

"Kalau mediumnya aja dulunya Rp14 ribu per kilo saat ini naik menjadi Rp15 ribu per kilo. Sedangkan untuk yang premium harganya mencapai Rp17 ribu per kilo," ujarnya, Selasa 20 Februari 2024 terkait harga sembako jelang Ramadhan.

BACA JUGA: Harga Sembako Tak Kunjung Turun, Warga Tegal Bersyukur Ada Pasar Murah

Selain harga beras yang masih tinggi, harga sembako jelang Ramadhan untuk komoditas lainnya juga naik. Salah satunya dari komoditas sayuran.

Di sini terpantau banyak yang mengalami kenaikan. Salah satunya harga cabai keriting yang saat ini mencapai Rp90 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Bulakamba Jumilah, 35 tahun mengatakan, beberapa waktu lalu harga cabai keriting mencapai Rp80 ribu per kilogram. Namun, saat ini naik menjadi Rp90 ribu per kilogram.

"Kenaikannya cukup banyak. Yakni, mencapai Rp10 ribu per kilogramnya," ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Tahun Baru, Ternyata Harga Sembako di Kabupaten Tegal Terpantau Segini

Selain cabai keriting yang mengalami kenaikan di tengah harga sembako jelang Ramadhan yang meningkat, harga cabai setan di pasar tradisonal tersebut juga naik. Yakni, dari yang Rp70 ribu per kilo menjadi Rp80 per kilogram.

"Untuk cabai besar (merah) juga alami kenaikan. Yaitu, yang tadinya Rp70 ribu per kilo naik menjadi Rp80 ribu per kilogramnya," jelasnya.

Berbeda dengan komoditas di atas, harga tomat justru mengalami penurunan. Yaitu, tomat yang tadinya Rp18 ribu per kilogram turun menjadi Rp15 ribu per kilogram.

"Namun untuk harga bawang merah naik yang tadinya Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp22 ribu per kilogramnya," ucapnya.

Sumber: