Cuma Ada di Tegal, Berikut 3 Fakta Menarik Kota Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang

Cuma Ada di Tegal, Berikut 3 Fakta Menarik Kota Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fakta Menarik Kota Tegal--pinterest

RADAR TEGAL - Ayo kita bahas kota yang memiliki ciri khas warteg (warung Tegal), namun, sebelum itu, kita akan membahas asal usul kota kecil yang banyak khasnya. Ini ada fakta menarik Kota Tegal yang menjadi pusat perhatian masyarakat luar Tegal.

Kota yang dari dulu dijuluki kota bahari sejak 1950an yang mana berkat industri galangan kapal yang berkembang di kota kecil ini, yaitu Tegal. Salah satu fakta menarik Kota Tegal tersebut memiliki arti di dalam kata "Bahari" .

Kota yang dijuluki kota bahari tersebut memiliki singkatan yang menarik untuk diketahui, yaitu bersih, aman, hijau, asri, dan indah. Fakta menarik Kota Tegal yang mampu menarik perhatian masyarakat luar itu, menjadi warga lokal bangga dengan ketertarikan mereka.

Fakta menarik Kota Tegal yang belum diketahui banyak orang, akan kami bahas dalam artikel radartegal.com kali ini. Kota yang disebut tempat warteg tepopuler dan tidak asing lagi, ini fakta yang harus Anda tahu, berikut simak smapai akhir:

BACA JUGA: 3 Fakta Unik Kota Tegal, Asal Usul Melegendanya Predikat Sebagai Jepangnya Indonesia

Fakta menarik Kota Tegal

1. Bahasa Jawa Tegalan

Pertama, Jawa Tegal adalah salah satu dialek bahasa yang digunakan untuk berbicara dan bertukar informasi oleh orang Tegal. Bahasa tersebut dituturkan di Kota Tegal dan sekitarnya.

Perlu diketahui juga, bahwa letak Tegal yang berada di pesisir bagian Jawa Utara ini, juga di daerah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nah di situ menjadikannya dialek di Tegal berbeda dengan daerah lainnya.

Khas dari dialek ini yang dalam pengucapan bicaranya agak kental. Yang mana dialek ini dijadikan salah satu kekayaan bahasa Jawa, selain Banyumas lohh. Walaupun, kosakata yang digunakan relatif sama, pengguna dialek Tegal tidak mau disebut logat/dialek ngapak.

Banyak alasan yang dijadikannya, mulai dari perbedaan intonasi, pengucapan, dan makna kata yang dilontarkan.Selain itu, khas dialek Tegal ini juga pada frasanya.

BACA JUGA: Mengenal Desa Selapura Tegal, Tempat Wisata Edukasi dengan Sejarah Candi yang Unik

2. Dijuluki Jepangnya Indonesia

Kedua, ada julukan untuk Kota Tegal, hal ini masuk nih ke dalam fakta menarik Kota Tegal loh. Jadi ayo cari tahu lebih detail, kenapa bisa dijuluki "Jepangnya Indonesia"?.

Sumber: