Jangan Anggap Sepele! Kenali 5 Resiko Nasabah Galbay Pinjol, Pahami Sebelum Pengajuan

Jangan Anggap Sepele! Kenali 5 Resiko Nasabah Galbay Pinjol, Pahami Sebelum Pengajuan

Resiko Nasabah Galbay Pinjol--

Resiko selanjutnya terkait dengan akan masuknya nama nasabah ke dalam daftar hitam SLIK OJK. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh platfrom pinjaman legal terdaftar OJK.

Namun, tentu saja akan berbeda jika kamu menggunakan fintech ilegal. Sebab, mereka akan melakukan berbagai cara untuk menagih utang bahkan dengan cara yang melanggar hukum sekali pun.

BACA JUGA: 7 Penyebab DC Lapangan Pinjol Tidak Datang Menagih Nasabah Galbay

3. Denda Tambahan yang Tidak Wajar

Resiko nasabah galbay pinjol selanjutnya yaitu dikenakan denda tambahan yang tidak wajar atau transparan. Setiap hutang pinjaman yang tidak dibayar akan dikenakan denda 100% dari jumlah pokok kredit.

Seperti contoh, debitur memiliki hutang Rp15 juta dan tidak dibayar atau gagal bayar. Maka, utang tersebut akan dikalikan menjadi Rp30 juta, sangat tidak wajar bukan?

Jumlah denda tersebut akan bertambah sampai semua tagihan lunas dibayar. Lalu, perlu diingat kalau utang yang tidak dilunasi tidak akan hilang.

4. Ditagih DC Lapangan Setiap Hari

Resiko nasabah galbay pinjol yang ada DC lapangan selanjutnya yaitu ditagih debt collector ke rumah setiap hari. DC lapangan yang datang ke rumah sebenarnya sah-sah saja asalkan prosedur penagihan sesuai aturan yang berlaku.

Tetapi jika pinjol yang digunakan ilegal, maka penagihan utangnya berbeda. DC lapangan pinjol legal memilik sertifikat resmi dari AFPI. Pinjaman online ilegal, menagih utang dengan praktik yang kasar. Sebab, tidak ada aturan pasti yang mereka patuhi.

5. Terjadinya Penyitaan Barang

Galbay pinjol legal yang ada DC lapangan bisa menyita barang. Pihak penyedia pinjaman mencari cara lain agar uang yang dipinjamkan kembali, salah satu cara yang biasanya dilakukan yaitu menyita harta.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Catatan BI Checking 2024, Pastikan Utang nasabah Galbay Lunas

Penutup

Demikian 5 resiko nasabah galbay pinjol yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mulai meminjam, pikirkan baik-baik lagi kecuali memang dalam keadaan mendesak. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: