Mengenal Desa Selapura Tegal, Tempat Wisata Edukasi dengan Sejarah Candi yang Unik

Mengenal Desa Selapura Tegal, Tempat Wisata Edukasi dengan Sejarah Candi yang Unik

Desa Selapura Tegal.--

Bertahun-tahun berlalu, Raja pun mengirim putrinya Putri Wulatsih untuk mencari Pangeran Jungjang agar bisa menjodohkan kedua anaknya. Putri Wulatsih datang dengan membawa seekor anjing.

Tapi saat menyuruh Putri Wulatsih ke desa, Pangeran Jungjang sudah beragama Islam dan menganggap anjing adalah hewan najis. Pangeran pun melempari dengan batu hingga anjing tersebut mati.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Pesona Tegal dengan Keindahan Khas Pesisir Jawa, Ada yang Masuknya Gratis Tanpa Tiket

Darah anjingnya pun mengenai Putri Wulatsih dan membuat Pangeran Jungjang mempertimbangkan untuk menolak lamaran Putri Wulatsih. Dari penolakan tersebut akhirnya sang Putri bunuh diri.

Dalam mengenang Putri Wulatsih pun dibuatlah patung berwujud Wulatsih dengan anjingnya yang ada di sekitar desa tersebut. Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat setempat agar berhati-hati dalam bertindak.

Candi tersebut jadi bagian unik dari Desa Selapura yang kental dengan kisah masa lalu dan pelajarannya. Sehingga bisa mengunjungi untuk mengenal lebih dalam kota Tegal dan belajar sejarah sambil berwisata.

Demikian informasi mengenai Desa Selapura Tegal dan asal usul Candi Wulatsih yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: