Bantuan Korban Puting Beliung Tegal Disalurkan Bertahap, Warga: Musibah Ini Berat

Bantuan Korban Puting Beliung Tegal Disalurkan Bertahap, Warga: Musibah Ini Berat

BERTAHAP- Pj Bupati Tegal Agustyarsyah beserta sekda dan instansi terkait saat penyerahan bantuan korban puting beliung Tegal, Rabu 7 Februari 2024.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bantuan korban puting beliung Tegal disalurkan bertahap. Warga menyebut insiden tersebut merupakan musibah yang berat buatnya.

“Musibah ini berat bagi kami karena praktis rumah sudah tidak bisa dihuni. Saya berharap bantuan dari pemerintah bisa cepat datang dan tersalurkan,” tutur salah satu korban puting beliung Tegal, Aji Kristino, 46 tahun, warga Desa Kertasari.

Korban puting beliung Tegal ini mengaku 60-70 persen asbes dan galvalum sebagai penutup atap rumahnya rusak. Termasuk rangka baja ringannya juga terlepas dari bangunan rumah.

Di lokasi bencana di Desa Kertasari, saat bantuan korban puting beliung Tegal disalurkan, masih nampak jejak puting beliung. Pecahan genteng dan asbes rumah warga terlihat berserakan di tepi jalan.

BACA JUGA: Korban Puting Beliung Kabupaten Tegal Bertambah, Total Menjadi 237 Rumah

Pohon-pohon berdiameter 20-50 sentimeter bahkan ambruk dan sebagian menimpa rumah warga. Warga pun secara swadaya memperbaiki atap rumahnya, juga atap masjid desa setempat yang tidak luput dari terjangan angin kencang.

Namun demikian, tidak semua kerusakan atap rumah warga ini bisa diperbaiki segera. Salah satu korban puting beliung Tegal lainnya, Astri Wibowo, 45 tahun, mengaku sedikit beruntung karena kerusakan terjadi di bagian atap teras rumahnya dan sebagian ruang keluarga. 

Selain harus membuat atap teras yang baru, dirinya juga membutuhkan genteng 1.000 biji untuk mengganti genteng yang rusak. Pun demikian dengan Komarudin, 42 tahun, yang menaksir biaya perbaikan atap rumahnya mencapai Rp5 juta.

Menanggapi ini, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah berjanji pihaknya akan menyalurkan bantuan berupa material bangunan secara bertahap seperti genteng, galvalum, asbes, rangka galvalum, rangka kayu dan sejumlah kebutuhan pokok warga.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, 88 Rumah di 2 Desa Rusak

“Dari hasil asesmen lapangan, kami akan memberikan bantuan material sebagai stimulan perbaikan rumah warga. Untuk genteng kami pastikan hari ini akan tersalurkan ke warga terdampak,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi membantu penanganan pasca bencana, termasuk pelaku usaha melalui donasi dana corporate social responsibility (CSR). 

Bantuan disalurkan ke Desa Bojongsana dan Kertasari

Sumber: