Kenali 7 Cara Mengamankan WA dari Pinjaman Online supaya Terhindar dari Rayuan Menggiurkan Pinjol!

Kenali 7 Cara Mengamankan WA dari Pinjaman Online supaya Terhindar dari Rayuan Menggiurkan Pinjol!

Cara Mengamankan WA dari Pinjaman Online --

RADAR TEGAL – WhatsApp (WA) menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang kini paling banyak digunakan di dunia. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengamankan WA dari pinjaman online, maka simak ulasan ini lebih lanjut, ya.

Kontak Anda dalam WA mungkin saja berisi informasi pribadi yang sangat penting. Nah, di era pinjol yang semakin marak ini, informasi mengenai cara mengamankan WA dari pinjaman online ini wajib diketahui.

Dengan mengetahui cara mengamankan WA dari pinjaman online, harapannya bisa membantu Anda dalam ajakan sangat menggiurkan dari layanan pinjol. Apalagi saat ini banyak kasus masyarakat terjerat utang pinjol.

Hal ini karena bunga pinjol dirasa sangat membebankan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengamankan WA dari pinjaman online sebagai berikut.

BACA JUGA: Auto Lunas, Ini 5 Cara Keluar dari Jeratan Hutang Pinjol dan Anti Dikejar DC Lapangan

Cara Mengamankan WA dari Pinjaman Online

1. Tidak memberikan izin akses kontak

Tahukah Anda! Pada saat menginstal sebuah aplikasi pinjaman online, maka Anda mungkin perlu untuk memberikan izin akses ke kontak Anda, bukan? Apabila Anda merasa tidak nyaman ddengan permintaan ini, maka pertimbangkan untuk menolaknya, ya.

Hal ini akan mencegah pinjol mengakses dan mengumpulkan daftar kontak Anda.

2. Pembaruan izin akses

Cara mengamankan WA dari pinjaman online selanjutnya yakni pastikan Anda untuk secara teratur memeriksa pengaturan izin aplikasi di ponsel. Sehingga apabila pada suatu waktu Anda memberikan izin akses kontak kepada aplikasi tertentu, maka Anda bisa membatalkannya  jika Anda merasa tidak nyaman dengan akses tersebut.

3. Periksa pengaturan privasi WA di HP

Tahukah Anda bahwa WhatsApp memiliki pengaturan privasi yang memungkinkan Anda untuk bisa mengendalikan siapa yang bisa melihat informasi kontak Anda. Dengan cara ini, Anda bisa memilih untuk hanya membagikan informasi kontak dengan orang-orang yang Anda pilih.

Anda juga bisa membatasi akses ke pihak tertentu untuk bisa menghindari spam dari pinjaman online.

BACA JUGA: Cara Mudah Menghapus Data KTP di Pinjol, Tak Perlu Takut Lagi Data Pribadi Anda Tersebar ke Publik

4. Periksa kebijakan privasi aplikasi pinjaman online

Sebelum Anda mengunduh atau pu menggunakan sebuah aplikasi pinjol. Ada baiknya, Anda membaca dengan cermat dan teliti mengenai kebijakan privasi mereka, ya.

Pastikan juga Anda memahami bagaimana Mereka akan menggunakan data Anda, termasuk informasi kontak, dan apakah Mereka akan membagikannya dengan pihak lain atau tidak.

5. Hati-hati dengan tautan yang Anda terima

Apabila Anda menerima tautan melalui pesan WA dari sumber yang tidak Anda kenal atau mencurigakan, maka jangan asal klik link tersebut, ya. Bisa saja, tautan tersebut mengarahkan Anda pada situs yang meminta akses ke kontak Anda.

6. Aktifkan verifikasi dua langkah di WA

Cara berikutnya yakni dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WA. Cara ini merupakan lapisan keamanan tambahan yang akan menjaga akun Anda supaya tetap aman, lho.

BACA JUGA: Sudah Pasti Aman, 8 Daftar Pinjol OJK 2024 Ini Bisa Cair Hingga Rp20 Juta Dalam Hitungan Menit Saja

Dengan verifikasi dua langkah ini, maka Anda harus memasukkan PIN khusus yang hanya Anda yang tahu setiap kali Anda mencoba memverifikasi nomor WA.

7. Laporkan spam dan penyalahgunaan

Seperti yang Anda ketahui bahwa WA mempunyai fitur pelaporan yang memungkinkan Anda untuk bisa melaporkan pesan dan pengguna yang mencurigakan atau mengganggu. 

Jadi, apabila Anda menerimapesan span dari pinjaman online, khususnya pinjol ilegal. Maka Anda bisa segera melaporkannya ke WA.

Dengan mengetahui cara-cara di atas, maka bisa membantu Anda dalam menjaga privasi Anda di WhatsAPp dan bisa mencegah akses tidak sah ke kontak Anda dari aplikasi pinjol. Dengan cara di atas juga semoga Anda bisa menerapkannya dengan benar supaya bisa terhindar dari iming-iming menggiurkan dari pinjaman online.

Demikian ulasan mengenai cara mengamankan WA dari pinjaman online. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: