Tips Terhindar dari Layanan Pinjol Ilegal, Jangan Tergiur Ajakan Pinjaman yang Memaksa

Tips Terhindar dari Layanan Pinjol Ilegal, Jangan Tergiur Ajakan Pinjaman yang Memaksa

Tips Terhindar dari Layanan Pinjol Ilegal--

RADAR TEGAL – Di era modern seperti saat ini, teknologi finansial atau biasa disebut dengan fintech kini makin berkembang, sehingga membuat penyedia jasa pinjaman online semakin menjamur. Berikut ini tips terhindar dari layanan pinjol ilegal.

Baik layanan pinjol legal atau ilegal kini sudah tersedia banyak. Diketahui, para penyedia jasa pinjol memberikan akses yang sangat mudah bagi calon peminjam. Berikut tips terhindar dari layanan pinjol ilegal.

Dengan mengetahui tips terhindar dari layanan pinjol ilegal berikut ini, Anda bisa lebih teliti dalam memilih layanan pinjol. Tujuannya supaya tidak terjerat layanan pinjol ilegal yang dapat menyusahkan Anda.

Lalu apa saja tips terhindar dari layanan pinjol ilegal? Simak ulasannya secara lengkap sebagai berikut.

BACA JUGA: Tidak untuk Kabur, Begini Tips Mengatasi DC Lapangan Pinjol yang Datang ke Rumah

Tips terhindar dari layanan pinjol ilegal

1. Cek Website Resmi OJK

Tahukah Anda bahwa sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman online (pinjol), maka ada baiknya Anda cek terlebih dahulu di website resmi OJK. Anda hanya perlu memastikan bahwa apakah perusahaan pinjol tersebut sudah terdaftar sebagai fintech peer to peer lending atau justru tidak terdaftar.

Apabila, layanan fintech tersebut tidak terdapat dalam daftar OJK, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menggunakan jasa tersebut. Karena bisa jadi mereka merupakan layanan pinjol ilegal.

Jangan sampai Anda terkecoh dengan logo OJK yang terdapat dalam layanan pinjol tersebut, ya. Karena bisa saja itu hanya sekedar mencomot tanpa terbukti kebenarannya.

Karenanya, tips pertama terhindar dari layanan pinjol ilegal adalah dengan memastikan statusnya di website resmi OJK. Alamatnya di www.ojk.go.id.

BACA JUGA: Antisipasi Data Disalahgunakan, Berikut 5 Cara Hapus Data NIK KTP dari Aplikasi Pinjol

2. Lihat Transparansi Bunga Pinjaman Online

Tips terhindar dari layanan pinjol ilegal selanjutnya yakni Anda perlu membaca dan memperhatikan secara teliti mengenai syarat, ketentuan, dan kebijakan penyedia pinjol. Perlu Anda ingat bahwa dalam hal pengajuan pinjaman baik secara online ataupun offline, pasti akan terdapat besaran bunga yang harus dibayarkan.

Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan aplikasi pinjol, pastikan informasi bunga dan tenor dengan transparan di awal ya. Sehingga, Anda bisa melakukan kalkulasi sendiri dalam pengembalian pinjaman.

3. Pastikan Rekam Jejak Digitalnya

Untuk mneghindari peristiwa yang tidak mengenakkan seperti kebocoran data pribadi ke institusi ilegal. Maka Anda perlu memeriksa terlebih dahlu mengenai legalitas dan rekam jejak digital pinjol yang akan Anda gunakan.

Jadi, pastikan terlebih dahulu identitas pemilik dan alamat kantor layanan pinjaman online yang akan Anda tuju. Selain itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan perusahaan pinjol dengan membaca ulasna para pengguna aplikasi.

BACA JUGA: Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah, Rp20 Juta Cair dalam Hitungan Menit

Ketika Anda menemukan banyak review positif dan tingginya rating pad aplikasi tersebut. Maka layanan pinjol tersebut bisa menjadi salah satu indikator keamanan dalam melakukan pinjaman online. Sehingga Anda bisa terhindar dari pinjol ilegal.

4. Jangan Sampai Tergiur oleh Ajakan yang Memaksa

Perlu Anda ingat bahwa! Anda harus berhati-hati dengan iklan yang berupa ajakan memaksa. Sebab, biasanya pinjol ilegal akan menawarkan pinjaman melalui SMS atau dengan memasang iklan spam di halaman-halaman website.

Tidak hanya itu, kebanyakan dari pinjol ilegal juga mengirimkan pesan beurpa kata-kata dan angka serta menyematkan link dengan menggunakan nomor pribadi.

Apabila Anda mendapati iklan seperti itu, maka pastikan membaca dengan teliti dan jangan asal klik link yang ada, ya.

BACA JUGA: Langkah Mudah Menghapus NIK KTP di Pinjol, Selamatkan Data Anda dari Kebocoran

Anda juga perlu melaporkan nomor tersebut kepada pihak berwenang.

5. Gunakan Identitas Digital dalam Melakukan Pinjol

Identitas digital merupakan versi digital dari dokumen fisik dan menjadi kualifikasi untuk mengakses layanan online bagi seseorang.

Adapun salah satu keunggulan utama identitas digital yakni dapat memberikan perlindungan data pribadi karena hanya dapat diakses oleh yang bersangkutan dengan sistem keamanan ketat.

Sehingga diklaim mampu menekan risiko kejahatan, seperti pencurian dan pemalsuan identitas. Identitas digital yang bermutu baik tidak bisa diterbitkan oleh lembaga sembarangan.

Kemudian, hanya lembaga dengan sertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PsrE) yang boleh mengeluarkan sertifikat digital seseorang.

BACA JUGA: Cara Menghapus NIK KTP di Pinjol, Berikut Contoh Email Pengajuan Hapus Data yang Bisa Kamu Contoh

Demikian ulasna mengenai tips terhindar dari  layanan pinjol ilegal. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: