Antisipasi Data Disalahgunakan, Berikut 5 Cara Hapus Data NIK KTP dari Aplikasi Pinjol

Antisipasi Data Disalahgunakan, Berikut 5 Cara Hapus Data NIK KTP dari Aplikasi Pinjol

Cara Hapus Data NIK KTP dari Aplikasi Pinjol--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Walaupun tertera informasi pribadi di jamin aman dan layanannya dapat dipercaya, ada baiknya data KTP dihapus setelah pinjol tidak digunakan. Berikut tata cara hapus data NIK KTP dari pinjaman online lengkap dengan langkah-langkahnya.

Ketika nasabah sudah selesai melunasi hutang di pinjol (pinjaman online) umumnya data pribadi sudah digunakan lagi. Maka dari itu, cara hapus data NIK KTP dari pinjol bisa dilakukan untuk mengakhiri hubungan antara nasabah dan pinjol.

Adapun cara hapus Data NIK KTP dari pinjaman online bisa nasabah lakukan sendiri secara mandiri dengan mudah. Manfaatnya tentu untuk mengamankan sekaligus menarik kembali data pribadi agar tidak disalah gunakan.

Nah, jika Anda termasuk nasabah yang sudah melunasi hutang namun ingin segera menghapus data pribadi Anda. Beriikut kami sajikan informasi mengenai tata cara hapus data NIK KTP dari aplikasi pinjaman online.

BACA JUGA: Jangan Pernah Bayar Cicilan Motor Pakai Pinjol, Bisa-bisa Malah Tambah Rungkad dan Aset Anda Disita

Cara Hapus data pribadi NIK KTP dari Pinjol

Sebelumnya perlu diketahui jika layanan pinjaman yang digunakan legal umumnya penghapusan data pribadi tidak diperlukan. Kerana biasanya layanan pinjol legal itu, terdaftar dan terawasi oleh OJK. Dengan begitu data pribadi nasabah bisa terjamin aman.

Namun, beda cerita jika layanan pinjaman online yang digunakan ialah pinjaman online ilegal. Selain membahayakan, data pribadi yang masih tertinggal dan tidak segera dihapus, berpotensi disalahgunakan untuk tujuan tidak baik.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada data pribadi khususnya data KTP kita, berikut ialah langkah-langkah/cara hapus data NIK KTP dari aplikasi pinjol yang bisa Anda ikuti:

1. Menghubungi Layanan Penyedia Pinjaman Online

Cara pertama ialah dengan mengkontak pihak penyedia pinjaman online. Umumnya tersedia sebuah nomor pengaduan atau customer service yang bisa dihubungi nasabah untuk mengajukan keluhan atau pertanyaan.

BACA JUGA: Bahaya Data Bocor, Ini Langkah-langkah Menghapus NIK KTP di Pinjol Beserta Contoh Email Pengajuannya

Nah, jika layanan pinjaman online yang Anda pakai menyediakan nomor tersebut, cobalah untuk menghubunginya. Jika berhasil tersambung, maka jelaskan dengan sopan bahwa Anda ingin menghapus data NIK KTP Anda dan ikuti instruksi yang diberikan.

Sumber: