Pinjaman Online untuk Biaya Kuliah Viral, Benarkah Bisa Memudahkan Mahasiswa? Ternyata Begini Jawabannya

Pinjaman Online untuk Biaya Kuliah Viral, Benarkah Bisa Memudahkan Mahasiswa? Ternyata Begini Jawabannya

Pinjaman online untuk biaya kuliah apakah menguntungkan--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL- Pinjaman online untuk biaya kuliah tengah viral di media sosial. Hal ini karena terdapat salah satu institut perguruan tinggi di Indonesia yang hendak menerapkan sistem pinjaman online atau pinjol untuk membayar tagihan kuliah.

Pinjaman online untuk biaya kuliah ini sontak membuat geger netizen Indonesia di berbagai media sosial. Ada beberapa netizen yang mendukung dan tidak sedikit yang menolak tentang adanya aturan ini.

Berdasarkan SP 11/OJK/GKPB/I/2024 dari OJK, lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) langsung memanggil perusahaan yang hendak menyediakan pinjaman tersebut. Lembaga pemberi pinjaman online untuk biaya kuliah terebut adalah Danacita (PT Inclusive Finance Group).

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang pinjaman online untuk biaya kuliah. Benarkah ini bisa menjadi menjadi solusi bagi para mahasiswa yang kesulitan membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal)?

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Tanpa Verifikasi Wajah, Sudah di Download Lebih dari 10 Juta Pengguna

BACA JUGA: Cara untuk Menghapus NIK KTP pada Pinjaman Online Ilegal, Mudah Kok

Pinjaman online untuk biaya kuliah apakah menguntungkan?

Penyelenggara perusahaan pinjaman online yang telah viral itu sudah mendapatkan undangan dari OJK pada tanggal 26 Januari 2024. OJK meminta untuk memberikan penjelasan tentang adanya berita pendanaan pinjol untuk kuliah.

Berdasarkan data yang ada, Danacita sendiri adalah salah satu perusahaan pendanaan yang fokus bergerak pada pendanaan pendidikan. Danacita juga sudah termasuk dalam perusahaan yang legal sejak tahun 2021 silam.

Danacita memberikan penjelasan bahwa perusahaan Danacita menjalin kerja sama dengan salah satu institut perguruan tinggi tersebut. Kerja sama ini adalah dalam rangka membantu para mahasiswa yang kesulitan membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Mekanisme pinjol UKT kuliah

Berdasarkan sumber yang sama, mekanisme untuk peminjaman dana UKT ini hanya akan aktif ketika ada yang mengajukan. Namun, jika mahasiswa tersebut tidak mengajukan maka tidak akan ada pencairan.

BACA JUGA: Cara Cek NIK KTP Dipakai Pinjaman Online atau Tidak, Waspadai Debt Collector Tiba-tiba ke Rumah

Dalam pengajuannya sendiri Danacita juga tidak akan memberikan pinjamannya secara cuma-cuma. Danacita akan melakukan analisis kelayakan terlebih dahulu kepada nasabah yang akan mendapatkan dana pinjaman.

Besaran bunga dari pinjaman untuk UKT ini juga tidak terlalu tinggi. OJK menegaskan bunga yang ada sudah sesuai dengan aturan OJK SEOJK Nomor 19/SEOJK.06/2023.

Keunggulan pinjaman online untuk biaya kuliah

1. Pencairan yang cepat

Sumber: