Perbedaan AC Dinding dan Portable, Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Ruangan Anda?

Perbedaan AC Dinding dan Portable, Mana yang Lebih Cocok untuk Kebutuhan Ruangan Anda?

--

RADAR TEGAL -  Bagi Anda yang berencana memasang alat pendingin di ruangan, khususnya anak kos terdapat dua pilihan yakni AC dinding dan AC portable. Berikut ini perbedaan AC dinding dan portable.

Diketahui, kedua produk ini sama-sama  dapat mendinginkan ruangan dan dapat Anda atur suhunya sesuai dengan keinginan. Meskipun begitu, keduanya tentu memiliki banyak perbedaan. Oleh karena itu, berikut ini perbedaan AC dinding dan AC portable.

Adapun perbedaan AC dinding dan AC portable paling umum, bisa Anda ketahui melalui pengertiannya. AC dinding merupakan alat pendingin ruangan yang dipasang di dinding rumah dan terdapat fan outdoor di luar ruangan.

Sedangkan AC portable sendiri merupakan alat pendingin ruangan yang dapat diletakkan di mana saja tidak harus ditempel di  atas. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan AC dinding dan AC portable ini, berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Cara Menghemat Konsumsi Listrik AC Portable, Hanya Lakukan 5 Langkah Mudah Ini Saja

Perbedaan AC Dinding dan AC Portable

1. Cara Pemasangan AC Dinding dan Portable

Tahukah Anda bahwa pamasangan Acdinding akan merusak dindng karena ditempel. Selain badan AC yang ditempel, kabel power juga perlu Anda pasangkan di dekatnya.

Sama halnya dengan jalur untuk jalur selang pembuangan air dan yang menghubungkan ke fan outdoor yang biasanya harus membuat lubang pada dinding.

Sedangkan AC portable sendiri diketahui tidak perlu Anda tempelkan atau ditempatkan di satu tempat yang sama. Alat yang satu dapat Anda letakkan di mana saja selama selang airnya mendapatkan tempat pembuangan yang tepat.

BACA JUGA: Rekomendasi AC Portable Low Watt Terbaik Mulai Rp500 Ribuan, Bikin Ruangan Lebih Dingin dan Nyaman

2. Harga AC dinding dan portable

Perbedaan selanjutnya yakni terletak diharganya. Harga AC dinding dan AC portable diketahui tergandung dari merek yang akan Anda pilih dan menggunakan barang bekas atau baru.

Namun, harga AC portable lebih murah dibandingkan dengan AC dinding, ya. Sebab, tidak terdapat biaya pemasangan dan bentuknya lebih kecil.

Harga AC portable sendiri dibanderol mulai Rp300.000. Sedangkan AC dinding dimulai Rp1.500.000 per unitnya tergantung dari merek dan kualitas yang Anda pilih, ya.

3. Efektifitas AC Dinding dan AC portable

Perbandingan AC dinding dan AC portable berikutnya yakni AC dinding dapat dengan cepat mendinginkan ruangan dalam beberapa menit karena mempunyai fan outdoor yang bisa membantu kerja  pendinginan ruangan Anda.

BACA JUGA: 9 Daftar AC Portable Low Watt Terbaik, Harga Cuma Rp400 Ribuan

Sedangkan, AC portable membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mendinginkan ruangan dan menghasilkan panas. Oleh karena itu, AC portable mempunyai selang dan perlu Anda letakkan di tempat yang dapat membuang panas  yang dihasilkan.

4. Suara

Tahukah Anda bahwa suara yang dihasilkan oleh AC dinding tergantung pada peletakkan fan outdoor, lho.

Jadi, semakin dekat dengan ruang berkumpul, maka  suaranya akan terdengar jelas. Sedangkan AC portable sendiri bisa menimbulkan suara lebih keras karena terdapat kompresor yang terpasang di  unit yang sama. Kompresor di bawah dan lubang udara  di atasnya.

Dengan mengetahui perbedaan AC dinding dan AC portable di atas maka diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda.

BACA JUGA: 3 AC Portable Terbaik Pilihan Banyak Orang, Kualitas Unggul dengan Desain Minimalis

Bagi Anda yang masih nge kos, maka disarankan untuk menggunakan AC portable saja, karena lebih hemat listrik. Sehingga Anda bisa menghemat uang bulanan Anda atau pun uang tagihan listriknya bisa Anda gunakan untuk hal lain.

Demikian ulasan mengenai perbedaan AC dinding dan AC portable. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: