Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal Ikuti Sosialisasi Digital Marketing dan Jasa Pengantar Parcel

Pelaku UMKM di Kabupaten Tegal Ikuti Sosialisasi Digital Marketing dan Jasa Pengantar Parcel

SUPPORT - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan didampingi Kabid UMKM memberi support pelaku UMKM dalam gelar digital marketing.--

RADAR TEGAL - Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengikuti kegiatan sosialisasi digital marketing dan jasa pengantar parcel, Selasa 30 Januari 2024. Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Koperasi, UMKM dan perdagangan bertujuan memberikan wawasan kepada mereka.

Kepala Dinas Kopersi UKM Perdagangan, Iman Rudy Kurnianto mengatakan dari kegiatan ini diharapkan kedepan pelaku UMKM dapat meningkatkan pemasaran produknya melalui sosial media. Selain itu, juga dapat membantu pelaku UMKM dalam pengiriman paket dalam dan luar kota, dengan tepat dan aman. 

Menurutnya, untuk menuju UMKM naik kelas tidak lepas dari berbagai hambatan dan kendala. Baik yang bersifat internal maupun eksternal dalam hal produksi, pengolahan, pemasaran, dan teknologi digital marketing.  

"Kegiatan workshop kali ini menjadi alternatif paling tepat dalam rangka menjembatani pelaku UMKM. Khususnya usaha mikro yang mengalami kesulitan dalam pemasaran secara langsung atau offline," cetusnya.

BACA JUGA: Gairahkan UMKM, Pemkab Tegal Bakal Gelar Festival Awal Ramadan

Sehingga, kata Iman, dibutuhkan strategi pemasaran secara online melalui digital marketing danpemilihan jasa ekspedisi yang tepat. Menurutnya, modal awal menjadi pengusaha sukses memerlukan beberapa hal, diantaranya semangat pantang menyerah, dan ilmu pengetahun mengingat tantangan akan terus bertambah seiring perkembangan jaman. 

"Di sini pemerintah memberi dukungan pada pelaku UMKM dalam meningkatkan daya saing. Khususnya dalam bidang digital marketing atau pemasaran online dan memahami jasa ekspedisi yang mampu menjanga dan mengirimkan produk UMKM yang amanah," ungkapnya.

Ditegaskan, Pemkab Tegal melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan sebagai lembaga pembina UMKM berupaya melaksanakan amanat dari peraturan pemerintah tahun 2021. Tentang kemudahan, perlindungan, pemberdayaan koperasi, dan UMKM. 

"Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM. Sekaligus memberikan wawasan tentang pentingnya digital marketing," tegasnya. (*)  

Sumber: