Gairahkan UMKM, Pemkab Tegal Bakal Gelar Festival Awal Ramadan

Gairahkan UMKM, Pemkab Tegal Bakal Gelar Festival Awal Ramadan

REMBUG - Kepala Dionas Dagkop dan UKM bersama puihak Pegadaian rembug gelaran fevtival UMKM di awal Ramadan--

RADAR TEGAL - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM berencana akan menggelar festival awal Ramadhan tahun ini. Itu, dilakukan untuk menggairahkan pelaku usaha UMKM di Kabupaten Tegal.

Festival Awal Ramadan kali ini akan digelar selama 17 hari di areal Taman Rakyat Slawi (Trasa). Kegiatan melibatkan instansi lainnya yang ada di Kabupaten Tegal.

Menurut Kepala Dinas Dagkop dan UKM, Imam Rudy Kurnianto melalui Kabid Sarana Distribusi Perijian Perdagangan, Teguh Imam Prayitno, rencana awal festival akan digulirkan pada awal Ramadan. Yakni, pada12 hingga 28 Maret 2024. 

"Dari perbincangan awal dengan pihak terkait, nantinya ada 30 pelaku UMKM. Yang akan dilibatkan dalam festival tesebut," ujarnya Sabtu 27 Januari 2024.

BACA JUGA: Produk UMKM Kabupaten Tegal Bakal Go Internasional, Dubes RI Bilang Sudah Bisa Diekspor

Menurut Teguh, Festival UMKM ini akan dilaksanakan jelang berbuka puasa hingga malam hari. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kolaburasi dinas dengan pihak terkait lainnya. 

"Kami yang mengelola ijin penggunaan Trasa menyambut baik kolaburasi tersebut. Serta berharap 17 hari festival ini bisa memberi warna ramadan tahun ini, bagi masyarakat Kabupaten Tegal dan pelaku UMKM," cetusnya.

Selain itu, kata Teguh, pihaknya juga berharap gelaran ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Tegal. Untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa dan membeli produk lokal UMKM. 

"Hal ini agar pengusaha skala mikro, kecil dan menengah bisa tetap produktif. Selama ramadan dan jelang lebaran,"tandasnya.  

BACA JUGA: Sah! Pakaian Dinas ASN dan Non-ASN dari Produk UMKM Kabupaten Tegal Resmi Diluncurkan

Teguh menegaskan, kalau secara nasional ada gerakan bangga dengan produk dalam negeri. Maka Kabupaten Tegal punya gerakan bangga dengan produk lokal Tegal. (*)

Sumber: