Ketahui Tips Supaya AC Portable Hemat Listrik, Uang Bulanan Jadi Lebih Hemat!

Ketahui Tips Supaya AC Portable Hemat Listrik, Uang Bulanan Jadi Lebih Hemat!

Tips Supaya AC Portable Hemat Listrik--

RADAR TEGAL – AC portable merupakan solusi alternatif yang bagus untuk Anda gunakan sebagai penyejuk ruangan karena dapat dipindahkan kapan saja sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini tips supaya AC portable hemat listrik.

AC portable ini tidak seperti AC dinding yang bisa dengan cepat mendinginkan ruangan. AC portable ini harus Anda letakkan di tempat yang tepat untuk bisa mendapatkan udara yang lebih sejuk. Bagi Anda yang berminat membelinya, maka perlu mengetahui tips supaya AC portable hemat listrik.

Dengan menerapkan tips ini, pengeluaran listrik di rumah bisa lebih terkendali. Tips supaya AC portable hemat listrik akan membuat tagihan tetap aman meski sering dinyalakan.

Lalu apa saja tips supaya AC portable hemat listrik? Simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah dan Anti Ribet agar Awet, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Tips Supaya AC Portable Hemat Listrik

1. Tutup pintu

Tips supaya AC portable hemat listrik yang pertama yakni dengan menutup pintu. Sebab, AC portable akan bekerja paling baik apabila berada di ruang tertutup.

Jadi, pastikan untuk menutup pintu ruangan apabila Anda menggunakannya di kamar tidur, ya. Sehingga udara hangat yang berlebihan tidak ikut masuk dan udara dingin dapat terus bersirkulasi.

Kemudian, untuk denah lantai terbuka seperti dapur dan ruang tamu. Disarankan untuk memperhitungkan seluruh ruang gabungan pada saat menghitung luas persegi.

Berikutnya, coba untuk meletakkan AC portable di sudut ruangan yang tidak terkenal sinar matahari langsung, ya.

BACA JUGA: Cara Merawat AC Portable Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, Bisa Langsung Dipraktikkan di Rumah

Jadi posisinya harus dekat jendela untuk ventilasi. Namun apabila memungkinkan, pilihlah sudut ruangan yang paling sejuk supaya unit tidak terlalu panas.

Sebab,kini banyak AC portable yang memiliki fitur pengatur waktu yang bisa Anda program untuk dihidupkan atau dimatikan pada waktu yang Anda butuhkan.

2. Luruskan selang pembuangan

Tahukah Anda bahwa salah satu hal penting untuk pengoperasian dan pemeliharaan AC portable yang tepat yakni selang pembuangan yang digunakan untuk mengeluarkan udara panas baik melalui jendela, pintu geser, atau drop  ceiling harus  tetap lurus tanpa terpuntir atau tertekuk.

Perlu Anda ingat bahwa, jangan pernah mencoba untuk memanjangkan selang pembuangan karena selang tersebut harus dibuat sependek mungkin untuk bisa memastikan efisiensi  maksimum.

BACA JUGA: Cara Membuat AC Portable Lebih Dingin, Nomor Dua Banyak Sekali Orang Keliru Mengaplikasikannya

Umumnya, selang pembuangan memiliki panjang 1 hingga 2 meter yang bisa memberi Anada ruang cukup untuk bisa mencapai area ventilasi yang tepat.

Dengan menjaga selang tetap pendek dan lurus juga dapat mencegah kelebihan uap air yang menumpuk yang bisa merembes ke dalam dan menyebabkan kerusakan internal pada  unit.

3. Matikan sumber panas yang tidak Anda perlukan

Tips berikutnya yakni matikan sumber panas yang tidak diperlukan. Hal ini karena, sumber panas seperti bola lampu dan peralatan elektronik bisa memancarkan panas.

Meskipun mungkin saja tidak terlalu panas. Akan tetap hal  tersebut dapat membuat AC Anda  bekerja  lebih keras untuk bisa menjaga rumah Anda supaya tetap sejuk dan nyaman.

BACA JUGA: AC Portable Mini Low Watt, Ada yang Hanya 40 Watt Saja

Nah, untuk mencegahnya, cobalah untuk mematikan lampu, komputer, televisi, peralatan dapur kecil, dan sumber panas kecil lainnya.

Dengan begitu, AC portable Anda bisa bekerja lebih cepat dan tidak bekerja terlalu keras. Sehingga tagihan listrik di rumah tetap aman.

4. Bersihkan AC portable

Tahukah Anda bahwa dengan membersihkan AC portable secara teratur  maka bisa membantu Anda dalam menjaga AC portable selalu dalam kondisi kerja yang baik.

Selain mengetahui tips supaya AC portable hemat listrik, Anda juga perlu mengetahui rekomendasi AC portable terbaik berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi AC Portable Mini untuk Kamar Terbaik, Harganya Murah Banget

  • Sankan SAC-55 harga mulai Rp1,5 jutaan
  •  
  • Midea AC protable 1 PK PF series harga sekitar Rp4,3 jutaan
  •  
  • Gree AC portable GPC-09P1 harga sekitar Rp4,3 jutaan
  •  
  • Kris Air Cooler 2500 Cmh harga sekitar Rp3,8 jutaan
  •  
  • Bestlife BAC 12 PX2 Ac portable 1,5 PK harga sekitar Rp3,8 jutaan.

Demikian ulasan mengenai tips supaya AC portable hemat listrik. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: