Cara Merawat AC Portable Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, Bisa Langsung Dipraktikkan di Rumah

Cara Merawat AC Portable Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, Bisa Langsung Dipraktikkan di Rumah

Berikut ini cara merawat AC portable --

RADAR TEGAL - AC portable saat ini lebih banyak dipilih masyarakat dibandingkan dengan AC dinding. Agar lebih awet dan tidak cepat rusak, tentunya AC portable juga perlu dirawat. Lalu bagaimana cara merawat AC portable?

 

Cara merawat AC portable ini tentunya berbeda dibandingkan dengan AC biasa. Karena itu Anda mesti menyimak artikel ini supaya lebih paham dan jelas.

 

Karena di dalam artikel ini akan menjelaskan cara merawat AC portable, yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Kemudian bisa Anda langsung praktekan di rumah. 

 

Berikut ini adalah cara merawat AC portable yang mesti Anda ketahui supaya unit tetap awet dan tidak cepat rusak.

 

BACA JUGA: Takut Boros Listrik? Ini 5 Rekomendasi AC Dinding Watt Rendah, Harganya Murah Banget

 

Cara merawat AC portable

 

1. Bersihkan filter

 

Filter merupakan komponen penting di dalam AC portable dan harus rutin dibersihkan supaya tetap menghasilkan udara dingin. Cara membersihkan filter AC portable juga sangat mudah yakni lepaskan filter dan bersihkan menggunakan penyedot debu. 

 

Selanjutnya filter direndam dengan air agar debu yang tersisa rontok, lalu keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan dan pastikan benar- benar kering sebelum Anda memasangnya kembali.

 

2. Membersihkannya secara Rutin

 

Kemudian cara merawat AC portable yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara membersihkannya secara rutin agar awet dan tidak cepat rusak. Caranya yakni cabut kabel AC portable dari stop kontak.

 

Kemudian lap badan AC portable menggunakan kain yang sudah diberi sedikit air agar sedikit lembab. Selanjutnya lap lagi menggunakan kain kering yang lembut untuk mencegah goresan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi AC Portable Terbaik di Bawah 2 Juta, Nikmati Kesejukan Kamar Tanpa Merogoh Kocek Dalam

3. Jaga AC Portable dari Kelembaban Berlebih

 

Kelembaban berlebih pada AC portable dapat menyebabkan timbulnya jamur dan masalah lain yang tidak hanya menghambat kinerjanya secara efisien, namun juga dapat membahayakan kesehatan. Untuk menghilangkan kelembaban berlebih dari unit AC portable Anda, cukup jalankan dalam mode kipas saja selama 30 menit.

 

4. Periksa Kondensor

 

Selain filter ada kondensor juga yang perlu dilakukan perawatan secara rutin. Jika terdapat kotoran pada kondensor segera bersihkan dengan menggunakan pembersih yang tepat. Akan tetapi saat coil kondensor benar- benar kotor kemungkinan tidak bisa dibersihkan.

 

Karena itu maka coil kondensor perlu diganti dan membutuhkan teknisi AC untuk menggantinya.

 

5. Periksa Saluran Pembuangan Air

 

Kemudian jika AC portable Anda memiliki saluran pembuangan air, jangan lupa untuk cek secara rutin apakah saluran tersebut ada kebocoran atau tersumbat. Pastikan air dapat mengalir lancar dan tidak ada tidak ada kebocoran yang menyebabkan unit rusak. 

 

Lalu bersihkan saluran pembuangan air secara rutin.

BACA JUGA: AC Samsung WindFree™, Inovasi Penyejuk Udara Berteknologi AI yang Bisa Dikendalikan dari Jarak Jauh

Itu dia beberapa  cara merawat AC portable. Tentunya jika Anda rutin melakukan perawatan unit tetap awet dan tidak cepat rusak. (*)

Sumber: