6 Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dengan Cepat, Bukan Pinjol Maupun Bank Emok

6 Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dengan Cepat, Bukan Pinjol Maupun Bank Emok

Ilustrasi. Cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat --

RADAR TEGAL- Ingin memulai buka usaha tetapi terkendala dengan modal? Tenang ada cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat yang mesti Anda coba.

 

Sebelum membuka usaha pastinya membutuhkan persiapan yang matang dan paling penting adanya modal. Namun, banyak orang yang kebingungan dan membutuhkan cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat.

 

Cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat ini bukan pinjol apalagi bank emok yang tidak disarankan. Karena jika Anda ngutang di di pinjol atau bank emok ini berisiko tinggi.

 

Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat? Nah yang penasaran wajib menyimak tulisan ini sampai akhir. Berikut ini daftar dan penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA: Bye-bye Pinjol, Ini 5 Penyedia Pinjaman 30 Juta Tanpa BI Checking, Syarat Mudah dan Aman

Cara mendapatkan bantuan modal usaha bukan pinjol

1. Cari Investor

 

Hal pertama cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat yakni perlu cari investor yang tepat. Investor atau penanam modal yang bisa membuat usaha Anda semakin berkembang. Kemudian ia menerima bagi hasil dari usaha yang telah didanai.

 

Namun jangan asal- asalan memilih investor. Alangkah baiknya cari investor yang memiliki banyak pengalaman serta memiliki jaringan bisnis yang kuat. Selain itu pilih investor yang bisa membantu Anda saat mengalami permasalahan dalam menjalankan usaha.

 

2. Gadaikan Barang

 

Kemudian Anda bisa mencoba gadaikan barang yang nantinya bisa ditebus kembali. Gadaikan barang menjadi solusi cepat untuk modal usaha dalam waktu dekat.

 

Anda bisa gadaikan barang yang memiliki harga seperti perhiasan, BPKB kendaraan, kendaraan bermotor, tanah, rumah dan lain sebagainya. Namun perlu diingat saat gadaikan barang jangan di tempat asal dan sembarangan. Pilihlah tempat pegadaian barang yang aman dengan reputasi jelas.

BACA JUGA: 3 Penyedia Pinjaman 50 Juta Tanpa BI Checking Terpercaya, Limit Tinggi Bunga Rendah

3. Mengikuti Program Kemitraan BUMN

 

Untuk saat ini BUMN menyediakan program kemitraan yang bisa diikuti oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Jika Anda mengikuti program ini tentunya dapat pinjam untuk bantuan modal usaha dan bahkan dapat berpartisipasi dalam program pengembangan yang mereka berikan.

 

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan plafon tinggi dengan suku bunga rendah. Beberapa BUMN yang memiliki program seperti ini antara lain adalah Semen Indonesia, PT Telkom, Petrokimia Gresik dan BUMN lainnya.

 

4. Menggunakan Tabungan Pribadi

 

Cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat ya menggunakan tabungan pribadi yang sebelumnya telah dikumpulkan dan memang memiliki niatan untuk membuka usaha dari awal.

 

5. Mendapatkan Modal dari Program Pemerintah 

 

Pemerintah memberikan dukungan melalui program penyediaan modal untuk usaha kecil menengah. Tentunya dengan adanya bantuan ini dapat dimanfaatkan bagi Anda yang sedang merintis usahanya.

 

Untuk mendapatkannya Anda bisa membuat  proposal terlebih dahulu dan mengajukannya ke dinas kementerian UKM terdekat. Sebelumnya pastikan Anda memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Cara Pengajuan Pinjaman Online BRI Tanpa Jaminan, Bisa lewat HP dengan Limit hingga Rp25 Juta

6. Ajak Teman 

 

Terakhir yakni jika dirasa Anda masih kurang modal bisa ajak teman untuk usaha bersama. Selain mendapatkan tambahan modal, adanya teman usaha bisa membantu memberikan ide yang baru untuk mengembangkan usahanya.

 

Akan tetapi perlu diingat dan dipertimbangkan terlebih dahulu saat pilih teman untuk usaha bareng. Jangan mengajak teman karena sudah mengenalnya sejak lama. 

 

Sadari bahwa usaha tidak selalu sesuai dengan ekspektasi. Terkadang untung dan kemungkinan ada kendala yang harus dilalui bersama secara profesional. Bahkan banyak juga gara-gara usaha bareng teman membuat silaturahmi putus.

 

Oleh karena itu ketahui apakah kompetensi teman sesuai dengan yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda bersama temannya harus memiliki satu tujuan supaya target usaha yang diinginkan tercapai.

BACA JUGA: Profil Pinjaman Online Danacita, Tawarkan Kemudahan untuk Mahasiswa

Itu dia beberapa cara mendapatkan bantuan modal usaha dengan cepat yang mesti Anda coba. Semoga membantu dan semangat membuka usaha sendiri ya. (*)

Sumber: